Konsumsi Untuk Kesehatan, Inilah Kandungan Gizi Pada Ikan Lele

Kesehatan —Jumat, 13 Jan 2023 10:00
    Bagikan  
Konsumsi Untuk Kesehatan, Inilah Kandungan Gizi Pada Ikan Lele
Pinterest

DepostJogja,- Di Indonesia ikan lele dikenal sebagai ikan yang mudah didapatkan dan berharga murah, tapi ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Dibalik harga yang murah, bukan berarti kandungan vitamin, gizi, dan proteinnya jadi murahan.
Beruntung kita sebagai bangsa Indonesia, karena di sini memiliki iklim yang cocok untuk kehidupan ikan lele. Karena mudah memelihara dan ketahanan tubuhnya yang kuat itulah sehingga saat ini peternak yang melakukan budidaya ikan lele menjamur.
Berikut beberapa manfaat ikan lele bagi tubuh manusia yang telah dilansir dari laman ayosemarang.com:

1. Protein yang baik dan rendah lemak
Protein tinggi dipadukan dengan kandungan lemak sangat rendah, menjadikan ikan lele makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6, berfungsi membangun otot yang dibutuhkan tubuh manusia.

2. Kandungan vitamin D
Untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia, di antaranya didapat dari vitamin D. Imunitas diperlukan untuk mencegah dari berbagai penyakit kronis. Makanan yang ada kandungan vitamin D tidak banyak, salah satunya adalah ikan lele, karena sebenarnya vitamin D sudah didapat dari sinar matahari.
Sehingga dengan mengkonsumsi ikan lele, akan meningkatkan imun tubuh.

Baca juga: Apa Itu Diet Mediterania? Begini Cara Menerapkannya

3. Kandungan vitamin B12
Pembentukan sel darah dalam tubuh manusia sangat penting. Untuk pembentukan antara lain berasal dari vitamin B12, sekaligus berguna untuk kesehatan otak dan mencegah anemia.
Vitamin B12 juga sangat berguna untuk kelompok rentan, seperti bayi, ibu hamil, dan orang tua.

4. Ikan lele memiliki protein yang tinggi
Ikan lele ternyata memiliki protein lebih tinggi daripada susu dan daging, serta merupakan sumber protein yang sangat besar.

5. Kuatkan tulang
Oleh karena ikan lele kaya akan vitamin dan mineral, sehingga dari keduanya berpotensi untuk menguatkan tulang. Kandungan vitamin D dan fosfor menyerap kalsium, yang berperan dalam pembentukan tulang, gusi dan gigi.
Demikian ulasan manfaat mengonsumsi ikan lele bagi kesehatan tubuh, ikan yang mudah didapatkan dan murah harganya.*Rin

Baca juga: Obat Cacingan Pada Burung Perkutut

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait