Menjaga Kesehatan Jantung, Inilah Manfaat Buah Belimbing

Kesehatan —Selasa, 31 Jan 2023 09:45
    Bagikan  
Menjaga Kesehatan Jantung, Inilah Manfaat Buah Belimbing
Pinterest

DepostJogja,- Buah belimbing merupakan salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Buah yang berbentuk seperti bintang ini termasuk ke dalam jenis buah yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia.

Buah belimbing mempunyai rasa asam manis yang segar dan enak saat dimakan menjadi olahan jus, salad buah atau puding. Selain itu buah ini juga mengandung banyak nutrisi sehingga tak heran jika mengonsumsi belimbing dapat menyehatkan tubuh.

Adapun kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah belimbing yaitu seperti vitamin C, karbohidrat, serat, protein, vitamin B5, vitamin B9 (asam folat), natrium, kalsium, tembaga, kalium dan magnesium. Selain itu, buah yang satu ini juga mengandung beragam antioksidan, seperti beta karoten, asam galat, dan quercetin.

Dari kandungan nutrisi yang melipah tersebut belimbing sering digunakan sebagai pengobatan ayurveda untuk mengatasi demam, batuk, sakit kepala kronis dan diare,
Berikut ini adalah beberapa manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui !

1. Menurunkan berat badan
Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, belimbing sangat cocok untuk dijadikan salah satu camilan diet. Hal ini dikarenakan belimbing termasuk buah yang rendah kalori dan mengandung banyak serat, sehingga dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh dan menurunkan berat badan.

Baca juga: Inilah Dampak Sering Menggunakan Fake Nails

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat belimbing selanjutnya yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah belimbing yang kaya akan vitamin C ini berperan dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Menjaga sistem pencernaan
Mengandung banyak serat yang sangat tinggi buah belimbing bermanfaat untuk sistem pencernaan dan kesehatan usus.. Hal tersebut dapat membantu dalam mengatur ukuran dan kelembutan tinja, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Memelihara kesehatan jantung
Memiliki kandungan natrium dan kalium yang tinggi dalam belimbing ini dapat juga bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh. Hal ini tentu berguna untuk menjaga tekanan darah tetap stabil dan memastikan detak jantung tetap teratur.

Baca juga: Teh Chamomile, Minuman Olahan dengan Berbagai Manfaat

5. Mencegah kolesterol dan diabetes tinggi
Dalam 100 gram belimbing yang mengandung 2,8 gram serat buah dapat membantu memeriksa kadar gula darah. Selain itu, serat buah membatasi pelepasan glukosa yang terjadi setelah memakan sesuatu. Hal tersebut dapat membantu mengatur kadar gula darah dan insulin. .

6. Mengurangi risiko terkena penyakit kanker
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah belimbing dapat mencegah risiko terkena penyakit kanker. Hal ini terjadi akibat kandungan antioksidan beta karoten dalam buah belimbing yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker lambung dan kanker usus besar.

7. Menjaga kesehatan rambut dan kulit
Buah Belimbing yang merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan, vitamin C dan vitamin B berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.
Nah, itulah beberapa manfaat buah belimbing bagi kesehatan, semoga bermanfaat ya!*RIn

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait