Persib Kalah, PSM Jadi Juara Liga 1 2022-2023

Sepak Bola —Sabtu, 1 Apr 2023 11:27
    Bagikan  
Persib Kalah, PSM Jadi Juara Liga 1 2022-2023
Persib digunduli Persija 0-2 dalam laga tunda pekan ke-28 Liga 1 di Stadion Patriot, Bekasi, Jumat 31 Maret 2023. (laman Persib)

DepostJogja,-Persib digunduli Persija 0-2 dalam laga tunda pekan ke-28 Liga 1 di Stadion Patriot, Bekasi, Jum’at 31 Maret 2023. Hasil ini sekaligus, menjadi bukti PSM Makassar layak jadi juar

Marc Klok Minta Maaf. Sebab, pada hari yang sama, PSM berhasil kalahkan Madura United 3-1 di kandangnya sendiri Gelora Madura Ratu Pamelingan, Jumat 31 Maret 2023.

Dengan kemenangan itu, 72 poin yang telah berhasil dikumpulkan PSM sudah tidak mungkin lagi dikejar oleh pesaingnya. Persib apalagi Persija. PSM layak jadi juara karena berhasil mengumpulkan 72 angka dari 32 laga yang sudah dilakoninya. Rinciannya 21 kali menang, 9 kali seri dan 2 kali kalah.

Sementara, Persib dari 31 lagi yang sudah dilakoninya baru punya 59 poin. Rinciannya 18 kali menang, 5 kali seri dan 8 kali kalah. Adapun, Persija, dari 31 laga yang sudah dilakoninya baru dapat 57 pon. Rinciannya, 17 kali menang, 6 kali seri dan 8 kali kalah.

Hujan kartu kuning warnai kemenangan Persija pada duel big match kontra Persib di Stadion Patriot Bekasi, Jumat 31 Maret 2023, pukul 20.30 WIB. Gol Persija dicetak oleh Riko Simanjuntak di menit ke-45+2 dan Michael Krmencik pada menit ke-72.

Kemenangan itu, sekaligus memperpendek jarak perolehan poin, antara Persija dengan Persib. Selisihnya hanya 2 poin saja. Walau kalah, Persib tetap bisa bertahan di posisi runner up, klasemen sementara usai karena poinnya masih 59 sementara poin Persija baru 57.

Jalannya Pertandingan Babak pertama dimulai dengan permainan dengan tensi tinggi. Pemain Persija dan Persib sama-sama main keras, cepat, dan ambisius, karena kedua tim sama-sama ingin mendapatkan gol lebih cepat, supaya bisa berpeluang untuk memenangi pertandingan. Tim yang paling ambisius adalah Persija selaku tuan rumah.

Pasukan Macan Kemayoran berusaha terus menyerang dan beberapa kali berhasil masuk ke daerah pertahanan Persib. Namun, Persija belum berhasil menggetarkan gawang Persib yang dijaga oleh Reky Rahayu. Pemain belakang Persib sanggup mematahkan semua percobaan serangan dari pemain depan Persija.

Hal serupa juga ditunjukkan Persib yang berusaha terus menyerang, namun Maung Bandung masih belum mampu cetak gol. Walhasil, hingga menit ke-27 kedudukan masih imbang 0-0. Posisi imbang tanpa gol bertahan hingga jelang babak pertama berakhir, padahal kedua tim saling serang dengan menunjukkan permainan ngotot.

Baca juga: Sinopsis Preman Pensiun 8 Sabtu 1 April 2023: Didu Si Petinju Dikeroyok Roy Cs

Sayangnya, usaha kedua tim selalu berbentur tembok. Usaha Persija menyetak gol berhasil dilakukan lewat tendangan Riko Simanjuntak di menit ke-45+2', walhasil kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Persija.

Babak kedua, permainan semakin keras, bahkan pemain Persija dan Persib beberapa kali lakukan pelanggaran. Hal itu membuat pertandingan semakin panas, karena duel berjalan dengan tensi tinggi.

Namun, Persija lebih beruntung menggandakan kedudukan lewat sundulan Michael Krmencik pada menit ke-72. Michael Krmencik berhasil memerdaya kiper Persib, Reky Rahayu, setelah sukses memanfaatkan umpan lambung dari Riko Simanjuntak. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan

Persija. Tertinggal dua gol membuat pemain Persib semakin rajin menekan yang membuat benturan-benturan fisik.

Pemain dari kedua tim bersitegang akibat terjadi banyak pelanggaran yang berbuntut wasit kerap mengeluarkan kartu kuning. Pemain Persija yang dapat kartu kuning, yaitu Muhammad Ferarri di menit ke-50, Riko Simanjuntak pada menit ke-71, Michael Krmencik di menit ke-81, Alfriyanto Nico di menit ke-89, dan Hanif SJahbandi di menit ke-90+6'. Di kubu Persib yang dapat kartu kuning adalah Victor Igbonefo di menit ke-48, Ricky Kambuaya pada menit ke-64, dan Ezra Walian di menit ke-79.

Meski berusaha mengejar ketertinggalan skor, namun Persib masih gagal membobol gawang Persija yang dijaga oleh Andritany Ardhiyasa dan pertandingan berakhir 2-0 untuk kemenangan Persija.

Minta Maaf Gelandang Persib, Marc Klok mengakui penampilan timnya tidak maksimal saat menghadapi Persija Jakarta, akibatnya kalah. Meski kecewa, Klok tak mau larut dalam kesedihan. Ia mengajak rekan-rekannya fokus menatap pertandingan sisa musim ini.

“Maaf untuk Bobotoh. Ini bukan permainan Persib, bukan permainan kami. Tapi ini sepakbola. Kami harus perbaiki minggu ini dan fokus pertandingan ke depannya,” katanya.

Klok menilai Persija memang tampil lebih agresif dan baik. Hal itu yang membuat Persib sulit membobol gawang Persija. Namun, apapun hasilnya, Klok mengatakan dirinya dan tim terbuka untuk kritik membangun.
“Kami harus perbaiki diri di minggu ini. Sisa tiga pertandingan dan harus ambil sembilan poin, itu fokus kami saat ini,” ucapnya. (Aris)

Baca juga: Tukar Uang Baru di Jogja Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023: Lokasi, Jadwal dan Cara Penukaran Uang

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait