Tempat Melakukan Semedi, Inilah Mistis Hutan Alas Purwo

Horor —Kamis, 24 Nov 2022 14:58
    Bagikan  
Tempat Melakukan Semedi, Inilah Mistis Hutan Alas Purwo
Pinterest

DepostJogja,- Alas Purwo merupakan hutan konservasi kawasan taman nasional terbesar di Indonesia,memiliki luas 43.420 hektare yang memiliki ribuan flora dan fauna. Alas Purwo yang berada di Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur juga terkenal dengan keangkerannya.
Posisi Alas Purwo yang menjorok berhadapan langsung dengan laut selatan atau samudera Indonesia, di ujung tenggara.
Kawasan hutan Alas Purwo di ujung timur Pulau Jawa ini juga dikenal dengan penuh misteri karena pusatnya kerajaan gaib hingga kegiatan ritual pesugihan sering terjadi di kawasan.

Kisah mistis di Alas Purwo ini diyakini masyarakat adalah satu di antara sejumlah hutan yang terangker di Pulau Jawa, bahkan se-Nusantara.
Juru kunci Alas Purwo, yaitu Mbah Saminten yang merupakan generasi penerus setelah suaminya, Mbah Mariono menuturkan, kegiatan pesugihan, mencari wangsit atau ilmu hitam sering dilakukan beberapa orang di Alas Purwo.
Sudah banyak dikenal dengan kemistisan hutan Alas Purwo karena telah tersebar dari cerita ke cerita pada ratusan tahun silam. Inilah kisah mistis Alas Purwo yang melegenda menurut beberapa media-media.

Baca juga: Misteri Tenggelamnya Tank di Danau Ranu

1. Mereka yang memasuk Alas Purwo tak akan bisa keluar lagi
Hutan yang terletak di Kecamatan Tegaldimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi ini dikenal sebagai kerajaan jin yang di dalamnya terdapat banyak makhluk gaib. Mereka yang bisa melihat makhluk tak kasat mata, pasti akan menyaksikan sendiri kalau Alas Purwo sangat padat dan ramai.
Karena alasan itu pula, manusia yang mencoba masuk ke dalam Alas Purwo tak akan bisa keluar lagi. Mereka akan tersesat di dalam hutan yang pohonnya sangat rapat. Ada pula yang mengatakan bahwa penghuni di dalamnya tak akan membiarkan manusia bisa bebas setelah melihat ‘rumah’ mereka. Kalau pun kita berhasil keluar dari Alas Purwo, konon seumur hidup kita akan selalu ditimpa kesialan.

2. Suara panggilan yang membawa malapetaka
Jika suatu kali kamu berkesempatan mengunjungi Alas Purwo, ada satu kisah yang terus diceritakan secara turun temurun di sana, yakni soal suara panggilan. Apabila kamu mendengar suara lirih yang memanggil namamu ketika sedang di Alas Purwo, kamu jangan langsung menengok atau mencari sumber suara tersebut.
Sebab, jika kamu menengok dan mencari sumber suara, maka kamu akan mendapat malapetaka atau kesialan sepanjang hidup. Bahkan yang lebih parah, kamu akan dibawa oleh makhluk gaib tersebut.

Baca juga: Ngeri! Semua Akan Hilang Jika Melewati Segitiga Bermuda

3. Tempat para raja melakukan semedi dan bertukar pikiran
Alas Purwo merupakan hutan tertua di Pulau Jawa. Konon, hutan ini sudah ada jauh sebelum negara Indonesia ini didirikan. Di dalam hutan Alas Purwo terdapat banyak gua. Salah satu gua di sana pada pintu masuknya dijaga oleh dua jin besar. Gua ini kerap kali digunakan sebagai tempat semedi para raja di masa lalu. Tak hanya itu, gua yang dianggap magis itu juga sering dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan para raja untuk saling bertukar pikiran.
Salah satunya adalah Presiden Indonesia Ir. Soekarno. Warga setempat percaya kalau Soekarno seringkali melakukan semedi di dalam Alas Purwo ini untuk melakukan pertemuan dengan Kerajaan Pantai Selatan.

Benar atau tidaknya mitos yang beredar di masyarakat, kita tetap harus menjaga kelestarian hutan Alas Purwo. Jangan sampai kita merusaknya dan menentang alam hanya karena rasa penasaran, tetap menjaga itikad dan niat baik jika berkunjung. *rin

Baca juga: Masih Jadi Misteri Soal Kedalaman Dasar Palung Laut Banda

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait