Simak! Cara Mengatasi Suara Serak

Kesehatan —Senin, 14 Nov 2022 13:39
    Bagikan  
Simak! Cara Mengatasi Suara Serak
Pinterest

DepostJogja,- Suara serak adalah perubahan kualitas pada suara yang bisa memengaruhi kualitas hidup seseorang. Perubahan itu sendiri dapat berupa suara yang menjadi parau, lemah, atau sulit untuk dikeluarkan. Kondisi ini menandakan adanya masalah pada pita suara. Suara dihasilkan oleh getaran pada pita suara, yaitu dua cabang jaringan otot berbentuk huruf V yang terletak di laring. Laring sendiri adalah saluran udara yang berada di antara dasar lidah dan trakea.

Saat kamu mengeluarkan suara, pita suara menyatu dan aliran udara dari paru-paru berembus sehingga membuat pita suara bergetar. Getaran tersebut menghasilkan gelombang suara yang melewati rongga tenggorokan, mulut, dan hidung, kemudian keluar sebagai bunyi. Suara serak bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah gejala dari kondisi lain. Meski bukan merupakan kondisi darurat, suara serak dapat menjadi tanda dari kondisi yang serius, terutama jika sudah berlangsung cukup lama. Gejala suara serak yaitu perubahan pada nada atau kualitas suara, yang dapat terdengar lebih lemah, bergetar, atau parau. Seseorang yang mengalami suara serak juga akan kesulitan untuk mengeluarkan suara.

Gejala lain yang dapat menyertai suara serak tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Sebagai contoh, pada seseorang yang terinfeksi virus, suara serak dapat terjadi bersamaan dengan sakit tenggorokan, batuk, dan bersin.
Inilah cara mengatasi suara yang serak secara alami yang harus dibiasakan:

1. Perbanyak Minum Air Putih
Suara yang hilang oleh laringitis sering disebabkan oleh infeksi virus. Beristirahat yang cukup dan banyak minum air putih dapat membantu penyembuhan kamu. Perbanyak konsumsi air putih paling sedikit sepuluh gelas sehari. Selain air putih, minuman hangat seperti kaldu atau sup juga bisa membantu meredakan radang tenggorokan.

Baca juga: Penyebab Nyeri Kencing Pada Wanita

2. Mandi Air Hangat
Uap dari air hangat dapat membantu “melembapkan” pita suara dan meredakan radang tenggorokan. Kamu juga bisa menambahkan minyak esensial atau aromaterapi untuk membuat tubuh lebih relaks, sehingga lebih cepat sembuh dari peradangan. Selain itu, humidifier atau alat untuk melembapkan udara di rumah juga bisa digunakan.

3. Hindari Rokok dan Alkohol
Merokok (termasuk vape) dapat mengiritasi tenggorokan. Nikotin di dalamnya pun dapat memperlambat penyembuhan radang. Meski kamu bukan perokok, terpapar asap rokok juga membuat tenggorokan dan pita suara semakin meradang. Selain rokok, alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi, membuat tenggorokan kering dan radang bertambah berat.

4. Istirahatkan Suara Kamu
Cara terbaik untuk mengatasi suara yang hilang adalah dengan memberikan waktu untuk beristirahat. Meskipun sulit, cobalah untuk tidak berbicara sama sekali selama 1-2 hari. Cara tersebut pada umumnya dapat berhasil. Karena, sering kali peradangan dapat sembuh dengan sendirinya.

5. Pastikan Tenggorokan Tetap Lembap
Kondisi tenggorokan yang kering bikin suara kamu makin serak bahkan bisa menghilang. Sebaliknya, menjaga kelembapan tenggorokan akan membantu mengurangi keluhan radang tenggorokan, termasuk suara serak atau suara hilang. Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kelembapan tenggorokan misalnya menggunakan humidifier atau mengisap pelega tenggorokan.

Itulah berabgai macam cara untuk mengatasi suara yang serak, kamu dapat melakukannya dengan mudah, Semoga bermanfaat.- ririn

Baca juga: Depresi dan Malaise Penyebab Sering Menyendiri

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait