Tips Agar Menambahkan Nafsu Makan

Kesehatan —Senin, 19 Dec 2022 16:18
    Bagikan  
Tips Agar Menambahkan Nafsu Makan
Pinterest

DepostJogja,- Kehilangan nafsu makan dapat terjadi ketika seseorang memiliki keinginan yang rendah untuk makan. Hal ini biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor berbeda, di antaranya adalah ketika sedang sakit, baik mental maupun fisik. Hilangnya nafsu makan yang terjadi hingga beberapa hari dapat menyebabkan turunnya berat badan dan kekurangan gizi. Padahal ketika sedang sakit, asupan nutrisi yang baik sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Namun tetap saja, makan akan terasa sulit jika sedang merasa mual ataupun mulut terasa sakit jika digunakan untuk mengunyah makanan. Tetapi hal ini tidak bisa dibiarkan saja karena dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, berikut merupakan tips untuk menambah nafsu makan ketika sedang sakit yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pilih Makanan Kesukaan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang dapat memilih sendiri makanan yang ingin mereka makan, maka mereka cenderung akan makan lebih banyak. Dengan menyiapkan makanan kesukaan ketika sedang sakit, maka rasa nafsu makan pun akan bertambah dibandingkan jika memakan makanan yang disediakan atau dipilhkan oleh orang lain.

2. Kurangi Makanan Berserat
Makanan yang mengandung tinggi serat terbukti dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan asupan kalori. Makanan ini juga dapat melambatkan proses pencernaan dan membuat orang yang mengonsumsinya menjadi kenyang dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, makanan yang mengandung tinggi serat harus dihindari karena dapat membuat mereka yang sakit menjadi tidak nafsu makan dikarenakan perut terasa penuh.

Baca juga: Tips Merawat Tanaman Bunga Mawar Dengan Baik

3. Buat Ukuran Makanan Menjadi Kecil
Melansir dari webmd.com, cara yang satu ini dapat menjadi solusi paling mudah bagi mereka yang kehilangan nafsu makan karena kesulitan untuk mengunyah ketika mulut sedang sakit. Potong makanan menjadi ukuran kecil sehingga lebih mudah untuk dimakan. Hindari makanan yang keras, renyah, pedas, asam, ataupun terlalu asin karena dapat membuat mulut terasa lebih sakit dan berujung pada hilangnya nafsu makan.

4. Jangan Makan Sendirian
Di saat sakit, hanya melihat makanan saja bisa menimbulkan rasa tidak enak. Salah satu cara mengatasi hilang nafsu makan ketika sakit adalah dengan mengajak orang lain seperti keluarga ataupun teman untuk makan bersama. Namun, jika situasi tidak memungkinkan mereka untuk datang dan menemani makan, cobalah makan dengan ditemani oleh TV. Melansir dari healthline.com, cara ini ampuh untuk mengalihkan perhatian dari makanan yang akan dimakan.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan bersama orang lain dapat meningkatkan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh sebesar 18%, dan makan dengan ditemani atau sembari menonton TV dapat meningkatkan nafsu makan hingga 14%. Mengubah waktu makan menjadi sesuatu untuk bersosialisasi dan hiburan dapat membantu untuk lebih menikmati makanan dan menambah nafsu makan.

5. Makan Makanan yang Berwarna Warni
Mengutip dari webmd.com, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menambah nafsu makan saat sakit adalah dengan membuat makanan terlihat bagus. Efek obat ataupun terapi lainnya dapat membuat seseorang kehilangan indera perasanya, dengan membuat makanan yang terdiri dari berbagai warna dan tekstur akan membuat nafsu makan menjadi meningkat saat melihat makanan tersebut. (RA)

Baca juga: Perlu Tau Sashimi, Hidangan Mentah Khas Jepang Dapat Membahayakan Kesehatan

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait