4 Kandungan Berbahaya dalam Produk Kosmetik yang Perlu Kamu Ketahui

Kesehatan —Kamis, 21 Dec 2023 15:46
    Bagikan  
4 Kandungan Berbahaya dalam Produk Kosmetik yang Perlu Kamu Ketahui
Pinterest Vivian

DEPOSTJOGJA.COM - Sekarang kosmetik menjadi kebutuhan sehari hari bukan hanya wanita yang memakai kosmetik, namun pria juga.

Namun yang harus kalian tahu bahwa jangan tergiur dengan harga murah atau perubahan cepat pada muka.

Karena masih banyak sekali kandungan kosmetik yang sangat berbahaya di dalam nya, karena hal itu akan merusak kulit kalian jika kalian tidak memeperhatikan kandungan dalam kosmetik itu atau main asal beli aja.

Meski Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah menetapkan standar dan aturan untuk bahan kosmetik, tetap saja masih banyak produk kosmetik yang menggunakan bahan kimia berbahaya. Seperti pada beberapa waktu lalu.

BPOM RI mengumumkan fakta mengejutkan bahwa masih ada ribuan kasus produk kosmetik ilegal yang terjadi di Indonesia pada tahun 2022.

Mengutip dari berbagai sumber, inilah beberapa kandungan yang sangat berbahaya yang ada dalam kosmetik.

 

  1. Merkuri

Karena hal yang harus ketahui bahwa merkuri sangat berbahaya FDA atau BPOM Amerika Serikat menyebutkan.

Paparan merkuri dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius, terutama pada ibu hamil, ibu menyusui, bayi, dan anak-anak.

Bahan kimia berbahaya yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) dan teratogenik (menyebabkan cacat pada janin) itu bisa menyebabkan diare, muntah-muntah, warna kulit tidak merata, iritasi kulit, serta merusak sistem saraf, pencernaan, kekebalan tubuh, paru-paru, ginjal, kulit, dan mata. Dan kandungan merkuri atau raksa ini menjadi oerhatian utama bagi masyarakat.

 

  1. Hidrokuinon

Hidrokuinon ini hampir sama dengan merkuri namun hidrokuinon ini banyak di tambahkan dalam produk untuk memutihkan dan mencerahkan kulit.

Kulit bisa lebih cerah karena bahan ini memang mengurangi jumlah melanosit yaitu sel yang memproduksi melanin atau zat pewarna pada kulit.

 

Baca juga: 3 Manfaat Botox Wajah dan Efek Sampingnya yang Perlu Kalian Tahu

  1. Asam Retinoat

Asam retinoat ini perlu kalian ketahui bahawa ini berbeda dengan retinol, karena retinol ini lebih ringan di kulit dan dijual bebas.

Namun asam retinoat ini harus menggunakan resep dokter. Karena asam retinoat ini banyak digunakan pada obat peeling, obat jerawat dan pemutih yang bekerja untuk pengelupasan kulit kecara kimiawi.

 

  1. Pewarna merah K3 dan merah K10

Bahan pewarna sintetis ini juga sangat umum di pakai oleh orang orang nakal sebagi pewarna kosmetik padahal pewarna ini sebagai zat warna kertas, tektil atau tinta.

Karena jika menggunakan pewarna ini dapat mengakibatkan gangguan fungsi hati sehingga meningkatkan resiko kanker.

Itulah beberapa bahan berbahaya yang masih banyak salah digunakan dan di campurkan kedalam kosmetik, hal ini kalian harus lebih berhati-hati lagi. (EricaRF)

Baca juga: Bukan Hanya Faktor Genetik, Inilah 5 Hal yang Penyebab Rambut Cepat Beruban di Usia Muda

Editor: Admin E
    Bagikan  

Berita Terkait