Kandungan Hyaluronic Acid Pada Toner, Apa Manfaatnya?

Kesehatan —Jumat, 26 May 2023 09:50
    Bagikan  
Kandungan Hyaluronic Acid Pada Toner, Apa Manfaatnya?
ilustrasi (Pinterest)

DepostJogja,-Toner merupakan salah satu rangkaian terpenting dalam deretan produk perawatan wajah. Konsistensinya cair seperti air digunakan untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih di kulit wajah. Fokus utama dari toner adalah untuk menenangkan, mencerahkan, dan melembapkan.

Banyak jenis toner dengan kandungan yang beragam sesuai dengan tiap permasalahan kulit wajah.

Dikutip dari Cleveland Clinic, salah satu kandungan yang banyak dipakai di produk perawatan kulit, hyaluronic acid atau dikenal sebagai hyaluronan adalah zat lengket yang diproduksi tubuh secara alami. Ilmuwan telah menemukan hyaluronic acid pada seluruh tubuh, terutama di bagian mata, persendian, dan kulit.

Manfaatnya yang luar biasa untuk membantu menjaga kulit selalu terhidrasi, menghilangkan minyak di kulit, membantu mengencangkan lapisan pelindung kulit dan membuat kulit terlihat sehat. Maka dari itu, banyak digunakan pada produk moisturizer, toner, dan serum wajah.

Dampak minyak berlebih pada wajah
Setiap hari wajah memproduksi sebum atau minyak alami setelah seharian berkegiatan luar rumah maupun dalam rumah. Minyak pada wajah membantu untuk menjaga agar kulit wajah selalu lembap dan terhidrasi. Namun, jika terlalu banyak dan tidak segera dibersihkan akan menyumbat pori-pori yang akan memicu tumbuhnya jerawat.

Cara menghilangkannya adalah dengan rutin mencuci muka menggunakan facial wash yang disesuaikan dengan tipe kulit wajah, apakah kering atau berminyak. Lalu selanjutnya langkah yang tidak kalah penting, yakni menggunakan toner. Tidak hanya untuk membersihkan minyak, tetapi juga memberikan kelembapan agar wajah terlihat bersih sekaligus terhidrasi.

Baca juga: Rekomendasi Pulau Terluar di Indonesia, Sungguh Menakjubkan!

Hyaluronic Acid pada toner
Sudah banyak produk toner yang memiliki kandungan hyaluronic acid didalamnya. Masing-masing manfaat dari toner dan hyaluronic acid ini sendiri sudah luar biasa, apalagi jika keduanya digabungkan menjadi satu produk perawatan kulit wajah.

Toner jenis ini adalah toner yang efektif melindungi kulit agar tetap sehat dalam jangka panjang didampingi dengan produk perawatan wajah lainnya. Beberapa kegunaan hyaluronic acid pada toner adalah untuk membuka pori-pori yang tersumbat, meningkatkan kadar hidrasi kulit, dan menghilangkan kotoran pada kulit. Jika dipakai secara rutin, toner hyaluronic acid juga membantu mengurangi kerutan serta garis-garis halus.

Perhatikan efek sampingnya
Di samping banyaknya manfaat dari hyaluronic acid, tetap harus perhatikan kebutuhan sesuai dengan kondisi kulit. Tidak semua orang cocok dengan bahan tersebut.

Bagaimana cara mengetahui apakah suatu produk cocok? Caranya dengan oleskan sedikit produk pada kulit wajah, lalu diamkan beberapa menit untuk mengetahui apakah meninggalkan rasa panas jangka panjang. Dikatakan cocok apabila tidak merasakan gatal-gatal dan panas.

Pastikan selalu gunakan toner yang tidakmengandung alkohol. Segera hentikan pemakaian produk jika sudah menimbulkan jerawat, gatal-gatal, dan iritasi. Lindungi kulitmu agar tidak memunculkan masalah kulit lainnya. (RA)

Baca juga: Resep Fruit Sorbet Buah Naga

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait