Bahaya Jeruk Bali Merah Bila di Konsumsi Dengan Obat

Kesehatan —Rabu, 18 Jan 2023 11:31
    Bagikan  
Bahaya Jeruk Bali Merah Bila di Konsumsi Dengan Obat
Pinterest

DepostJogja,-Grapefruit atau jeruk bali merah memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jeruk bali mengandung vitamin C dan potasium yang bisa menjadi bagian dari diet sehat.
Namun, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa jeruk bali ternyata tidak boleh dikonsumsi bersama obat karena dapat memengaruhi cara kerjanya.
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah mewajibkan beberapa obat resep dan obat bebas (OTC) yang umumnya diminum termasuk peringatan untuk tidak minum jus jeruk bali atau makan jeruk bali saat mengonsumsi obat.
Adapun berikut beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan masalah jika dikonsumsi bersama jus jeruk bali atau jeruk bali.

  • Beberapa obat golongan statin untuk menurunkan kolesterol, seperti Zocor (simvastatin) dan Lipitor (atorvastatin).
  • Beberapa obat yang mengobati tekanan darah tinggi, seperti Procardia dan Adalat CC (keduanya nifedipine).
  • Beberapa obat penolakan transplantasi organ, seperti kapsul Neoral dan Sandimmune atau larutan oral (keduanya siklosporin).
  • Beberapa obat anticemas, seperti BuSpar (buspirone).
  • Beberapa kortikosteroid yang mengobati penyakit Crohn atau kolitis ulserativa, seperti Entocort EC dan tablet Uceris (keduanya budesonide).
  • Beberapa obat yang mengobati irama jantung yang tidak normal, seperti tablet Pacerone dan Cordarone (keduanya amiodarone).
  • Beberapa antihistamin, seperti Allegra (fexofenadine).

Baca juga: Simak, Arti Mimpi Angsa Hitam

Sebagai catatan, jus jeruk bali tidak mempengaruhi semua obat dalam kategori di atas.
Tingkat keparahan interaksi bisa berbeda tergantung pada orangnya, obatnya, dan jumlah jus jeruk bali yang diminum.
Untuk itu, bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan atau apoteker Anda, dan baca informasi apa pun yang diberikan bersama obat resep atau non-resep (OTC) Anda untuk mengetahui:

  • Jika obat spesifik Anda mungkin terpengaruh.
  • Berapa banyak, jika ada, jus jeruk bali yang bisa Anda miliki.
  • Buah atau jus lain apa yang juga dapat memengaruhi obat Anda dengan cara yang mirip dengan jus jeruk bali.

Bagaimana Jus Jeruk Bali Dapat Ganggu Obat
"Dengan sebagian besar obat yang dipengaruhi oleh jus jeruk bali, jus membuat lebih banyak obat masuk ke dalam darah," kata Shiew Mei Huang, Ph.D., dari FDA.
"Bila ada terlalu banyak obat dalam darah, Anda mungkin memiliki lebih banyak efek samping."

Misalnya, jika Anda minum banyak jus jeruk bali saat mengonsumsi obat statin tertentu untuk menurunkan kolesterol, terlalu banyak obat tersebut dapat bertahan di tubuh Anda, meningkatkan risiko kerusakan hati dan otot yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

Banyak obat dipecah (dimetabolisme) dengan bantuan enzim vital yang disebut CYP3A4 di usus kecil.
Jus jeruk bali dapat memblokir aksi CYP3A4 usus, jadi alih-alih dimetabolisme, lebih banyak obat yang masuk ke darah dan bertahan lebih lama di dalam tubuh. Hasilnya: terlalu banyak obat dalam tubuh Anda.

Baca juga: Faktor Penyebab dan Jenis Albino

Jumlah enzim CYP3A4 di usus bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang memiliki banyak enzim ini dan yang lain hanya sedikit.
Jadi jus jeruk bali dapat mempengaruhi orang secara berbeda bahkan ketika mereka menggunakan obat yang sama.

Meskipun para ilmuwan telah mengetahui selama beberapa dekade bahwa jus jeruk bali dapat menyebabkan terlalu banyak obat tertentu di dalam tubuh, penelitian yang lebih baru menemukan bahwa jus tersebut memiliki efek sebaliknya pada beberapa obat lain.
"Jus jeruk bali dapat menyebabkan lebih sedikit fexofenadine yang masuk ke dalam darah," mengurangi seberapa baik obat tersebut bekerja, kata Huang.
Fexofenadine (nama merek Allegra) tersedia sebagai resep dan OTC untuk meredakan gejala alergi musiman.
Fexofenadine mungkin juga tidak bekerja dengan baik jika diminum dengan jus jeruk atau apel, jadi label obatnya mengatakan, "Jangan dikonsumsi dengan jus buah".

Alih-alih mengubah metabolisme, jus jeruk bali dapat memengaruhi protein dalam tubuh yang dikenal sebagai pengangkut obat, beberapa di antaranya membantu memindahkan obat ke dalam sel kita untuk diserap.

Akibatnya, lebih sedikit obat yang masuk ke dalam darah dan obat tersebut mungkin tidak bekerja dengan baik, kata Huang.
Bagaimana Jus Jeruk Bali pengaruhi beberapa obat saat obat tertelan, obat dapat dipecah (dimetabolisme) oleh enzim dan/atau diserap menggunakan transporter dalam sel yang ditemukan di usus halus.

Jus jeruk bali dapat menyebabkan masalah pada enzim dan pengangkut ini, menyebabkan terlalu banyak atau terlalu sedikit obat di dalam tubuh. Beberapa obat, seperti statin tertentu yang digunakan untuk menurunkan kolesterol, dipecah oleh enzim.
Seperti yang ditunjukkan di atas, jus jeruk bali dapat menghalangi kerja enzim ini, meningkatkan jumlah obat dalam tubuh dan dapat menyebabkan lebih banyak efek samping. Obat lain, seperti fexofenadine, dipindahkan oleh transporter ke dalam sel tubuh.*Rin

Baca juga: Mengulik Adanya Hari Ibu, Begini Sejarahnya

 

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait