Resep Kue Klepon Gula Lumer

Kuliner —Rabu, 16 Nov 2022 09:23
    Bagikan  
Resep Kue Klepon Gula Lumer
Pinterest

DepostJogja,- Kue Klepon atau sering disebut Kelepon merupakan Salah satu makanan Khas dari Jawa Tengah yang termasuk kedalam Jajanan Pasar. Kue Klepon itu sendiri terbuat dari Tepung beras ketan yang dibentuk menyerupai bola – bola kecil dengan di dalamnya di isi dengan Gula Jawa yang di haluskan.cara memasaknya yaitu dengan direbus menggunakan air mendidih dan di sajikan bersamaan dengan parutan dari Kelapa.Klepon sendiri mempunyai beragam warna,tentunya sesuai dari keinginan dari sang pembuatnya.Warna – warna ini akan membuat tampilan dari Kue Tradisional ini menjadi lebih enarik dan terkasan nikmat. Kali ini akan berbagi resep kue klepon yang kenyal dan lembut.

Baca juga: Susu Rendah Kalori, Cara Membuat Susu Almond

Bahan:
-300 gram tepung ketan
-200 gram kelapa parut kasar, kukus
-200 ml air matang
-200 gram gula merah, serut halus
-1 ½ sdm air daun pandan suji
-1 sdt air kapur sirih
-½ sdt garam
Cara Membuat:

Campurkan tepung ketan dengan air daun pandan, kapur sirih, dan garam, aduk rata. Tambahkan air sedikit-sedikit hingga adonan bisa diuleni.
Diamkan selama 10 menit. Ambil sejumput adonan, pipihkan, beri gula merah serut, bulatkan dan rapatkan. Rebus air dalam panci hingga mendidih.
Setelah itu, masukkan bola ketan, masak hingga bola-bola klepon mengapung. Angkat dan tiriskan. Gulingkan bola ketan dalam kelapa parut.
Nikmati klepon ketan isi gula merah yang kenyal ini. (ririn)

Baca juga: Resep Masakan Padang, Gulai Tunjang

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait