Jika Kamu Insomnia Konsumsi Makanan Ini!

LifeStyle —Rabu, 9 Nov 2022 16:02
    Bagikan  
Jika Kamu Insomnia Konsumsi Makanan Ini!
Pinterest

DepostJogja,- Insomnia adalah kondisi ketika seorang mengalami kesulitan tidur, hal ini bisa terjadi dalam jangka pendek atau jangka panjang.
Insomnia bisa terjadi pada semua usia dan lebih rentan terjadi pada wanita dibandingkan pria. Sebagian besar kasus Insomnia terkait dengan kebiasaan kurang tidur, depresi, kecemasan, kurang olahraga, penyakit kronis dan obat-obatan tertentu.
Insomnia selain tidak baik untuk kesehatan, Insomnia juga akan menganggu aktifitas pada esok harinya. Berikut 7 makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi Insomnia.

-Kacang Almond
Kacang Almond sebagai sumber alami hormone melatonin. Kacang Almond mengandung magnesium yang berguna untuk meredakan hormon kortisol atau hormon penyebab stres.
Magnesium akan membantu kamu tidur nyenyak dengan cara meredakan peradangan pada tubuh.

-Daging Ayam
Daging ayam bisa membantu kamu tidur nyenyak karena mengandung Triptofan. Triptofan salah satu asam amino esensial yang bagian kecil protein tidak dapat di produksi tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan.
Triptofan juga berguna untuk produksi serotonin, melatonin dan B6. Serotonin membantu kamu lebih rileks dan lebih tenang. B6 membantu dari produksi melatonin, melatonin ini adalah hormone dari siklus tidur.

Baca juga: Bisa Jadi Penyakit Kronis Nyeri Perut Bagian Bawah

-Susu Hangat
Disarankan menghindari minuman yang mengandung kafein sebelum tidur seperti kopi. Susu mengandung triptofan dan melatonin yang berguna untuk membantu kamu cepat tidur.

-Daging Ikan
Daging ikan sangat kaya dengan protein dan vitamin B6, vitamin B6 membantu pembentukan melatonin. Melatonin membantu hormon untuk siklus tidur dan biasanya hormon melatonin ini akan dibentuk pada malam hari.
Makan ikan beberapa jam sebelum tidur akan membantu merangsang pembentukan melatonin.

-Madu
Madu sangat populer dengan banyak khasiatnya yang bermanfaat bagi tubuh. Madu membantu menurunkan senyawa kimia yang membuat kamu tetap terjaga.
Minum madu sebelum tidur akan memicu produksi insulin. Selain mengatur kadar gula darah, hormon ini membuat lebih banyak tripofan ke dalam otak.

-Buah-Buahan
Disarankan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung melatonin tinggi seperti kiwi, nanas, jeruk dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur.

-Teh Chamomile
The Chamomile ini bisa membantu kamu untuk cepat tidur karena mengandung antioksidan dan memberikan efek kantuk.
Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa mengurangi gangguang tidur Insmonia*ririn

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait