Pandemi Mereda, Acara Tahunan Sedekah Bumi Desa Sirahan Kembali Berjalan

News —Selasa, 21 Jun 2022 09:26
    Bagikan  
Pandemi Mereda, Acara Tahunan Sedekah Bumi Desa Sirahan Kembali Berjalan
Sedekah Bumi Desa Sirahan.* (FOTO: Solikun)


DEPOSTJOGJA,-  Sedekah Bumi Desa Sirahan, Cluwak, Pati, diawali dengan acara pengajian yang diselenggarakan malam Senin Pahing di Balai Desa Sirahan, Cluwak, Pati.  Ketika pandemi mulai mereda, acara tahunan Sedekah Bumi  berjalan seperti biasa.

Acara selamatan di halaman Balai Desa Sirahan dihadiri segenap lembaga desa beserta jajaran pemerintahan desa, dan segenap tokoh masyarakat dan  tokoh agama, pada malam Senin pahing.  Lalu dilanjutkan acara pengajian umum dengan pembicara Kiai Rofiq Malik dari Jepara.

Acara adat diawali Hari Jumat wage dengan selamatan atau tahlilan bersama di Pondok Tani Mbah Murah lalu berlanjut dengan langen beksan tayub setelah salat Jumat hingga Ashar.

Baca juga: Ganjar Pranowo Berikan Pesan Khusus bagi Suporter Sepakbola Tanah Air

Senin siang berlanjut tradisi mengarak Jembul, atau gunungan berisi berbagai makanan tradisional, seperti gembolong, tape dan aneka buah dan sayur. Berbagai makanan tradisional dipersembahkan kepada Kepala Desa dan warganya.

Bersamaan dengan iringan jembul,  di Balai Desa diadakan pagelaran wayang kulit atau waringgit purwo bersama Ki Dalang Wibowo Asmoro. Wayang kulit seperti tradisi sebelumnya yaitu sehari semalam.* (SOLIKUN)

Baca juga: Mamamoo Rilis Album Baru

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait