Fakta Unik Si Manis Manggis

Pendidikan —Selasa, 8 Nov 2022 14:24
    Bagikan  
Fakta Unik Si Manis Manggis
Pinterest

DepostJogja,- Buah simanis manggis ini adalah termasuk buah tropis yang banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di Tanah Air, manggis memiliki sejumlah nama lokal, seperti manggu (Jawa Barat), manggus (Lampung), manggusto (Sulawesi Utara), atau manggista (Sumatra Barat). Buah ini banyak digemari orang-orang karena rasanya memang menyegarkan, yakni manis bercampur asam.
Selain menikmati tekstur buah yang lembut dan cita rasanya yang manis, kamu juga dapat mengetahui fakta unik seputar buah manggis yang jarang diketahui, seperti berikut ini.

1. Panen Setahun Sekali

Masa panen buah Manggis rupanya dilakukan setahun sekali. Musimnya akan berlangsung selama Bulan November hingga April, setiap tahun. Kenapa itu bisa terjadi?
"Buah Manggis dipanen sekali setahun karena memang bunganya itu biasanya muncul sekali setahun. Berbunga setelah melalui masa kemarau. Jadi harus ada kemarau dulu," terang Dosen Departemen Agronomi dan Hortikultura, Faperta IPB university, Dr Darda Efendi dirangkum dari tayangan IPB University, Selasa (4/4/2022).
Masa kemarau harus terjadi, paling tidak selama tiga minggu. Setelah itu Pohon Manggis akan terangsang untuk berbunga, kemudian berbuah dan bisa dinikmati.
"Karena kemarau sekali setahun, maka berbunga sekali setahun. Setelah berbunga tentu dia menjadi buah. Kalau tidak kemarau, bisa saja tidak berbunga pohonnya dan mau tidak mau harus ada masa kekurangan air atau kemarau," jelas dia.


2. Isi Buah Bisa Ditebak dari Kulitnya

Anda juga bisa menebak jumlah isi buah dari bagian luar Manggis. Hal ini dikarenakan juring bagian buang Manggis berkaitan dengan segmen bagian luar buah Manggis yang berbentuk seperti bunga.
Oleh karena itu, apabila segmennya berjumlah enam, maka isi buah manggis di dalamnya pun akan berjumlah enam. Isi buah sendiri berwarna putih dan berserat, juga berair dengan cita rasa manis dan asam.

Baca juga: Hati-hati Bila Menemukan Tanaman Ini!, Ayo Mengenal Bahayanya Poison Ivy


3. Dijuluki Ratu Buah Tropis

Dijelaskan Dr Darda Efendi, buah Manggis memiliki julukan Ratu Buah Tropis karena disinonimkan dengan King of Tropical Fruit, yakni Durian. Apabila Durian adalah buah yag terkesan macho dan jantan, dalam istilah China Yin dan Yang, Durian adalah Yang.
Manggis sendiri terlihat lembut, putih, mulus, cantik sehingga diibaratkan pasangan dari Durian, yakni sebagai ratu dan Yin. Dibangdingkan buah yang lain, Manggis diklaim sebagai buah yang kelihatannya cantik.
"Manggis ini kelihatannya mulus, kulit licin, dalamnya putih, sehingga seolah sebagai ratu dibanding buah yang lain. Buah lain tidak secantik, seindah dan semenarik Manggis kalau dilihat dari komposisi luar dan dalamnya," ujar dia.


4. Buah Asli Indonesia

Manggis merupakan buah asli Indonesia yang tumbuh di daerah tropis. Rupanya ada banyak populasi buah Manggis liar di Indonesia, terutama di Jawa, Kalimantan dan Sumatera.
Buah Manggis juga ada di semenanjung Malaysia yang berujung di Thailand. Tetapi tetap, Buah Manggis memang dikenal berasal dari Indonesia.


5. Hampir semua bagiannya dapat digunakan

Bukan cuma daging buahnya saja, kulit serta biji manggis juga kerap digunakan dan diolah menjadi makanan atau produk non makanan. Kulit manggis banyak diolah menjadi obat herbal berupa kapsul, jus, sirup, atau sekadar air rebusan yang menyehatkan.
Selain itu, kulit manggis yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini juga bisa dibuat menjadi masker wajah. Sementara untuk bagian bijinya diketahui dapat menghambat HIV yang dapat menyerang sel imun tubuh, seperti dikutip dari buku "Kulit Manggis - Hidup Sehat Berkat Sang Ratu yang Berkhaisat" (2013) oleh Warisno, S.PKP, Kres Dahana terbitan Gramedia Pustaka Utama.
Itulah fakta unik tentang buah si manis segar manggis, Semoga bermanfaat. (ririn)

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait