Manfaat dan Kandungan Gizi yang Terkandung Pada Ikan Salmon

Kesehatan —Sabtu, 26 Nov 2022 10:17
    Bagikan  
Manfaat dan Kandungan Gizi yang Terkandung Pada Ikan Salmon
Pinterest

DepostJogja,- Salah satu ikan yang sudah dikenal memiliki kandungan sumber protein berkualitas tinggi, dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan adalah ikan salmon. Ikan ini juga kaya vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Di Jepang, salmon sangat digemari dan sering disajikan dalam menu sushi.

Kandungan dalam ikan salmon menurut penjelasan di alodokter.com, dalam 100 gram ikan salmon mentah terdapat 140 kalori. Dan tidak hanya itu saja, ikan salmon juga memiliki banyak kandungan seperti. Protein 20 gram, Lemak 6,4 gram, Magnesium 30 miligram , Kalium 480-500 miligram, Zinc 0,6 miligram, Selenium 36,5 miligram, Asam folat 25 mikrogram, Asam amino, Asam lemak omega-3 (EPA dan DHA), Vitamin A, Vitamin B, Vitamin D, Zat besi, Kalsium, Fosfor.

Baca juga: Ternyata Bawang Putih Sering Dijadikan Obat Herbal

Setelah mengenal kandungan gizi yang terkandung dalam ikan salmon, ada manfaat ikan salmon yang akan kamu dapatkan jika mengkonsumsi ikan salmon, seperti yang di lansir oleh alodokter.com, inilah manfaat ikan salmon bagi kesehatan.

Mendukung kesehatan dan fungsi otak
Kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan pada ikan salmon juga berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi otak. Berbagai nutrisi tersebut diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta mencegah pikun atau demensia, terutama pada lansia.
Selain itu, omega-3 juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin, bayi, dan anak-anak.

Menjaga kesehatan tulang
Manfaat ikan salmon berikutnya adalah menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Ikan ini termasuk salah satu sumber kalsium, selenium, protein, dan vitamin D yang penting untuk mendukung kesehatan dan kekuatan tulang.
Dengan tercukupinya kebutuhan kalsium, selenium, dan vitamin D harian Anda, Anda akan terlindungi dari berbagai penyakit tulang, seperti osteoporosis.

Baca juga: Simak, Manfaat Lilin Aroma Terapi Berasal Dari Aromanya

Membantu mencegah dan meringankan gejala depresi

Ikan salmon juga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan makanan untuk membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Manfaat ini diketahui berasal dari kandungan minyak dan omega-3 di dalamnya yang dapat membantu meningkatkan suasana hati.
Untuk memaksimalkan manfaat ikan salmon bagi kesehatan, sebaiknya pilihlah ikan salmon segar yang ditangkap langsung dari laut atau ikan salmon kalengan yang rendah garam (natrium). Anda juga disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon tidak berlebihan, yakni sebanyak 2 porsi seminggu.

Menjaga kesehatan jantung
Konsumsi ikan salmon secara rutin diketahui dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan jantung. Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan salmon berperan penting dalam mengurangi peradangan dan mencegah penumpukan plak di dinding pembuluh darah jantung (aterosklerosis).
Selain itu, asam lemak omega-3 juga bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan membantu mengontrol tekanan darah tetap stabil. Dengan demikian, fungsi dan kesehatan jantung bisa terjaga dengan baik.

Agar manfaat ikan salmon tetap tinggi meski sudah di masak, usahakan selalu mengolah dengan baik dan benar. Cara terbaik untuk mengolah ikan salmon adalah dengan merebus, memanggang, atau membakarnya.*Ririn

Baca juga: Tips Menurunkan Kolestrol Dengan Menjalani Pola Hidup Sehat

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait