Menjaga Kesehatan Mental Dengan Cara Sederhana

Kesehatan —Selasa, 20 Dec 2022 13:36
    Bagikan  
Menjaga Kesehatan Mental Dengan Cara Sederhana
ilustrasi (Pinterest)

DepostJogja,- Banyaknya tuntutan dalam kehidupan disertai tekanan, tidaklah heran bila seseorang akan mudah stress yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mental. Karir, bisnis, pendidikan, asmara, keluarga, hingga macet pun dapat berkontribusi mengganggu stabilitas mental seseorang.
Kesehatan mental yang terganggu bisa berakibat pada gangguan fisik. Lalu apa yang sebenarnya dimaksud dengan sehat mental? Kesehatan mental mengacu pada kesejahteraan psikologis Anda secara keseluruhan.

Berikut Cara Paling Sederhana Menjaga Kesehatan Mental:

Konsumsi makanan bergizi
Otak Anda membutuhkan campuran nutrisi agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, sama seperti organ lain di tubuh Anda. Pola makan yang baik untuk kesehatan fisik Anda juga baik untuk kesehatan mental Anda.

Baca juga: Tips Agar Menambahkan Nafsu Makan

Lakukan latihan relaksasi
Yoga, mindfulness, meditasi, dan pernapasan dalam dapat membantu mengurangi tingkat stres secara keseluruhan.
Jadikan waktu luang dan kontemplasi sebagai prioritas
Waktu senggang adalah kebutuhan untuk kesehatan emosional dan mental. Luangkan waktu untuk bersantai, merenung dan memperhatikan hal-hal positif saat Anda menjalani hari Anda — bahkan hal-hal kecil. Baca juga: 7 Efek Sering Marah Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Sajakah Itu?

Minta bantuan
Kita semua terkadang lelah atau kewalahan dengan apa yang kita rasakan atau ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana. Jika segala sesuatunya menjadi terlalu berat bagi Anda dan Anda merasa tidak dapat mengatasinya, mintalah bantuan. Keluarga atau teman Anda mungkin dapat menawarkan bantuan praktis. Anda juga bisa meminta bantuan profesional kesehatan mental.

Rutin olahraga
Olahraga atau aktivitas teratur dapat berdampak besar pada kesehatan mental dan emosional Anda, seperti menghilangkan stres, meningkatkan daya ingat, dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.
Itulah cara menjaga kesehatan mental, Semoga bermanfaat! (RA)

Baca juga: Mengenal dan Cara Merawat Gigi Sensitif

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait