Selain Sayuran ini Makanan yang Disebut dapat Turunkan Kolesterol dalam Tubuh

Kesehatan —Senin, 27 Feb 2023 13:42
    Bagikan  
Selain Sayuran ini Makanan yang Disebut dapat Turunkan Kolesterol dalam Tubuh
Pinterest

DepostJogja,- Kolesterol merupakan zat lemak dalam darah yang apabila memiliki kadar cukup tinggi dapat menimbulkan masalah kesehatan.
Bahkan, kolesterol dapat mengakibatkan penyumbatan jika menumpuk di pembuluk darah. Itulah mengapa pentingnya mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Setidaknya terdapat tujuh makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang ditemukan oleh direktur pelaksana di Baycroft Care Homes di Inggris, Stewart McGinn.
Melansir Republika dari Express, berikut sejumlah makanan yang disebut dapat turunkan kolesterol dalam tubuh.

1. Ikan berminyak
McGinn mengatakan ikan berminyak seperti salmon, tuna, makerel, dan todak kaya akan asam lemak omega-3. Ini dapat membantu Anda mempertahankan kadar kolesterol baik.
"Ini adalah lemak esensial yang membantu Anda menjaga kadar kolesterol sehat. Bagi mereka yang berkolesterol tinggi, ikan merupakan makanan alternatif yang lebih sehat daripada daging, khususnya daging merah yang tinggi lemak jenuh," kata McGinn.

Baca juga: Pencita Kopi Wajib Tahu, Jenis-Jenis Seputaran Kopi yang Populer 

2. Gandum utuh (whole grain)
Mengonsumsi gandum utuh merupakan cara yang bagus untuk memasukkan lebih banyak serat ke dalam makanan. Anda dapat menukar nasi putih, roti, atau pasta biasa dengan nasi merah yang lebih sehat, roti gandum, dan pasta gandum.
"Tidak hanya membantu limbah bergerak melalui sistem pencernaan dengan cepat, gandum utuh tetapi juga menurunkan kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL)," ujar McGinn.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian
McGinn mengatakan saat menurunkan kadar kolesterol, penting untuk menghilangkan lemak jenuh dalam makanan. Anda bisa menggantinya dengan lemak tak jenuh, seperti kacang-kacangan.
Beberapa pilihan kacang yang bagus untuk dicoba adalah almond, pistachio, kacang mete, hazelnut, pecan, dan kenari.

4. Oat dan barli
Oat dan barli adalah makanan yang baik untuk dimasukkan ke dalam makanan diet saat berusaha menurunkan kolesterol. Kedua bahan tersebut mengandung serat yang disebut beta-glucan.
"Anda bisa mengganti sarapan dengan bubur sebagai cara mudah untuk menambahkannya ke dalam menu diet," ucap McGinn.

5. Polong-polongan
Menambahkan polong-polongan seperti kacang panggang, kacang merah, atau kacang arab (lentil) ke dalam makanan dapat secara signifikan menurunkan risiko penyakit jantung. Makanan tersebut terkenal dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.

6. Buah
Buah mengandung serat larut tinggi yang dikenal sebagai pektin dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah terbukti dapat menurunkan kolesterol, meningkatkan gula darah, dan membantu tubuh mempertahankan berat badan yang sehat.
"Buah yang memiliki kandungan tinggi pektin antara lain jeruk, lemon, buah pome, pir, apel, dan plum," ujar McGinn.

7. Sayuran
McGinn mengatakan banyak manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi sayuran. Semua sayuran hijau memiliki banyak nutrisi bermanfaat untuk memerangi kolesterol tinggi.
"Contohnya brokoli mengandung serat tinggi dan beta-karoten yang mencegah kolesterol LDL. Lalu ada kubis brussel yang kaya akan vitamin C membantu kita menjaga kesehatan pembuluh darah," kata McGinn.

Itulah beberapa makanan yang disebut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pastikan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan-makanan tersebut.*R

Baca juga: Buang Angin Yang Berbau Sangat Bermasalah, Simak Penjelasannya 

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait