Cara Merawat Kaktus Agar Tetap Hidup Agar Dapat Bertahan Lama

Kesehatan —Selasa, 2 Jul 2024 12:28
    Bagikan  
Cara Merawat Kaktus Agar Tetap Hidup Agar Dapat Bertahan Lama
Ilustrasi wortel, salah satu sayuran favorit yang kaya manfaat. (Unsplash / Becca Tapert)

DEPOSTJOGJA.COM - Tumbuhan yang memiliki akar panjang untuk mencari air dan menyerap air dalam tanah ini biasanya ditemukan di daerah kering seperti gurun. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

Batang tanaman ini mampu menampung volume air yang besar dan memiliki bentuk yang bervariasi.

Pada dasarnya kaktus merupakan tanaman yang mampu dengan mudah menyesuaikan diri terhadap berbagai kondisi lingkungan. Kaktus mampu beradaptasi pada suhu dingin di daerah subtropics dan suhu panas di daerah tropis seperti di Indonesia.

Di habitat aslinya kaktus lebih menyukai tempat kering dan tandus. Suhu yang diperlukan untuk menanam kaktus sekitar 16 hingga 34 derajat celcius. Suhu yang dibutuhkan untuk perkemcambahan biji lebih tinggi yaitu 26 hingga 35 derajat celcius.

Tanah pada daerah padang pasir memiliki kandungan zat-zat mineral yang dibutuhkan tanaman kaktus kecuali air. Tanaman kaktus sangat cocok apabila ditanam pada ketinggian 1200 m dibawah permukaan air laut. Umumnya tumbuhan ini hidup di daerah beriklim tropis dan subtropis.

Cahaya yang diperlukan untuk menanam kaktus sekitar 50% hingga 80%. Kaktus dapat hidup di dataran rendah yang suhunya panas tetapi hal tersebut menyebabkan batangnya cenderung lebih kusam. Kelembapan udara yang ideal untuk menanam kaktus diantara 30% hingga 90%.

Baca juga: Cara Merawat Kaktus Agar Tetap Hidup Agar Dapat Bertahan Lama  

Baca juga: LSP API  Meningkatkan Kompetensi Asesor Sesuai Standar Terbaru BNSP

Baca juga: Lima Manfaat Jahe Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu

Tanaman kaktus dapat tumbuh dengan baik di daerah yang curah hujannya rendah yaitu dibawah 60 mm per bulan. Media tanam yang diperlukan kaktus berbeda-beda tergantung pada jenis dan tempat asalnya. Seperempat dari keseluruhan spesies kaktus hidup di daerah gurun sisanya hidup pada daerah semi gurun.

Pada malam hari, kaktus mengambil COh2 dari lingkungan dan menyimpannya di vakuola untuk digunakan ketika fotosintesis berlangsung. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan agar kaktus dapat tumbuh berkembang dengan baik:

 

Mengetahui Waktu Terbaik Untuk Menyiram Kaktus

Menyiram kaktus menjadi dua waktu pagi atau malam karena kaktus membuka stomatanya sewaktu malam hari. Jika Anda ingin menyiram kaktus pada pukul 18.00 atau 19.00. Untuk pagi harinya dilakukan penyiram pada pukul 06.00 atau 07.00

 

Jangan Terlalu Sering Menyiram Kaktus

Kaktus menyimpan cairan dalam sel tanamannya. Cairan yang merupakan cadangan air yang digunakan saat tanaman kaktus dalam kondisi kering. Pemberian air yang terlalu banyak menyebabkan kaktus cepat mati.

 

Pastikan Kaktus Mendapatkan Sinar Matahari yang Cukup

Pastikan kaktus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jika Anda ingin meletakkannya di dalam ruangan pastikan kaktus terletak dekat jendela.

Editor: Dikki Wahyu Afandi
    Bagikan  

Berita Terkait