Inilah Makanan yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi

Kesehatan —Kamis, 20 Oct 2022 16:08
    Bagikan  
Inilah Makanan yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi
Makanan yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi (pinterest)

DepostJogja,- Darah Tinggi Atau Hipertensi, Berikut Makanan Untuk Menurunkannya – Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak boleh dianggap sepele. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini akan memicu berbagai komplikasi hipertensi yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Salah satu cara untuk mengontrol tekanan darah tinggi adalah dengan menerapkan pola makan sehat, mulai dari memilih menu makanan penurun hipertensi, menghitung kalori, dan memantau porsinya

Penderita hipertensi perlu memilih makanan dengan porsi dan kalori yang sesuai. National Heart, Lung, and Blood Institute ( NHLBI) merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan dengan total kalori sekitar 2.000 kalori per hari. Memilih makanan dengan kalori yang rendah dapat membantu Anda menjaga berat badan dan mencegah obesitas yang merupakan salah satu penyebab hipertensi.

Baca juga: Inilah Peristiwa Hotel Yamato, Arek Suroboyo Merobek Bendera Belanda

5 Makanan yang Efektif Menurunkan Darah Tinggi:

  1. Peterseli
    Peterseli atau parsley (Petroselinum crispum) adalah makanan penurun darah tinggi. Makanan ini mengandung vitamin C dan karotenoid yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Mau bukti? Menurut penelitian berjudul “Carotenoids: potential allies of cardiovascular health?”, antioksidan karotenoid mengurangi tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat), sehingga dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung.

  1. Bawang Putih
    Bumbu dapur yang satu ini memiliki banyak keistimewaan bagi kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang putih mengandung senyawa sulfur, seperti allicin, yang membantu meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah. Senyawa ini yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  1. Pisang

Pisang mengandung banyak potasium atau kalium yang bermanfaat bagi pengidap tekanan darah tinggi. Kalium ini bisa menyeimbangkan jumlah dan melawan efek buruk dari sodium (garam) dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah. 

Baca juga: 5 Kota Legenda Yang Hilang Dalam Sejarah

  1. Buah Citrus
    Buah citrus seperti jeruk bali, jeruk, dan lemon, mungkin memiliki efek yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah ini sarat dengan vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tanaman yang membantu menjaga kesehatan jantung, dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Menurut studi yang melibatkan 101 wanita di Jepang, asupan jus lemon (setiap hari) yang dikombinasikan dengan berjalan kaki, secara signifikan berkorelasi dengan turunnya tekanan darah sistolik. Hal ini diduga akibat efek asam sitrat dan kandungan flavonoid lemon yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Jahe
    Jahe membantu mengontrol tekanan darah. Menurut penelitian pada hewan, jahe terbukti meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Namun, hubungan jahe dan hipertensi atau tekanan darah tinggi masih membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

odium (garam) dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah. (rrin)

 

 

 

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait