Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Konsumsi Obat

Kesehatan —Jumat, 18 Nov 2022 14:32
    Bagikan  
Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Konsumsi Obat
Pinterest

DepostJogja,- Pusing dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya meliputi berputar-putar, keracunan, efek samping pengobatan, atau berdiri terlalu cepat. Pusing atau sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang paling umum dan paling sering dijumpai. Pasalnya, rasa nyeri pada kepala ini dapat terjadi karena berbagai faktor. Meskipun kondisi ini seringkali tidak terlalu serius, tetapi kehadirannya dapat cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.
Sakit kepala juga dapat menjadi indikator bahwa terdapat sesuatu yang salah dengan tubuh seseorang. Dilansir dari detikHealth beberapa cara yang dirangkum detikJabar ini mungkin dapat dicoba untuk meredakan rasa nyeri yang mengganggu tersebut.

Minum air putih
Pusing dapat menjadi salah satu indikator jika tubuhmu kekurangan cairan tubuh. Pasalnya, salah satu ciri-ciri dehidrasi adalah merasa lemas dan sakit kepala. Agar terhindar dari hal tersebut, minumlah air putih secara rutin dan pastikan asupan cairan tersebut mengimbangi intensitas aktivitas yang dijalani.

Refleksologi
Meski area telapak kaki adalah area yang jaraknya paling jauh dari kepala, nyatanya masih terdapat saraf-saraf yang berkaitan langsung antara kedua bagian tubuh tersebut. Di dalam ilmu refleksologi, cara yang dapat dilakukan ketika mengalami pusing adalah menekan ibu jari kaki. Faktanya, refleksologi merupakan salah satu pengobatan alami paling populer untuk mengurangi kondisi tidak nyaman yang dialami di berbagai area tubuh.

Baca juga: Pentingnya Minyak Ikan Untuk Para Wanita

Kompres air dingin
Ketika mengalami sakit kepala, terkadang kepala terasa berat atau berdenyut-denyut. Untuk mengurangi ketikdaknyamanan tersebut, mengompres area dahi dengan air dingin dinilai dapat mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf, dan menyempitkan pembuluh darah. Alhasil, rasa nyeri pada kepala pun dapat cukup berkurang.

Singkirkan tekanan dari kepala
Rasa nyeri pada kepala juga dapat muncul ketika terdapat tekanan berlebih atau terdapat objek yang mengganjal di kepala. Selain itu, kulit kepala pun membutuhkan pertukaran udara atau respirasi. Ketika area area kepala terlalu tertekan atau panas, rasa tidak nyaman pun dapat muncul. Untuk itu, cobalah untuk rileks sejenak dan melepaskan tekanan tersebut dari kepala. Tekanan tersebut dapat muncul dari kuncir, jepit, topi, atau aksesoris lainnya.

Hirup minyak kayu putih
Diketahui memiliki banyak kegunaan dan mengandung zat anti peradangan, menggunakan minyak kayu putih dapat dicoba untuk meredakan sakit kepala. Untuk mengaplikasikannya pun mudah, cukup hirup minyak kayu putih tersebut atau oleskan pada beberapa titik seperti pelipis, leher, ataupun pundak. Memijat ringan pelipis yang telah diberi minyak kayu putih juga dinilai cukup ampuh.(rin)

Baca juga: Bukan Hanya Untuk Adonan Kue, Baking Soda Punya Banyak Manfaat

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait