Bukan Hanya Untuk Adonan Kue, Baking Soda Punya Banyak Manfaat

Pendidikan —Kamis, 17 Nov 2022 11:15
    Bagikan  
Bukan Hanya Untuk Adonan Kue, Baking Soda Punya Banyak Manfaat
Pinterest

DepostJogja,- Berbagai manfaat baking soda, mulai dari menjaga kesehatan mulut hingga membersihkan lapisan pestisida pada sayur dan buah. Agar sisa baking soda di rumah Anda tidak terbuang sia-sia, yuk, ketahui apa saja manfaatnya!
Baking soda atau natrium bikarbonat sering kali digunakan untuk membuat adonan kue mengembang dengan cara menghasilkan karbondioksida. Namun, tahukah Anda? Manfaat baking soda tak hanya itu, melainkan juga bisa digunakan untuk mendukung kesehatan.

-Mengobati gigitan serangga
Manfaat baking soda adalah dapat menenangkan bekas gigitan serangga. Kita hanya perlu mengoleskan pasta baking soda yang terbuat dari campuran baking soda dengan sedikit air ke bekas gigitan selama beberapa kali sehari.

-Mengobati infeksi kuku
Jika mengalami infeksi kuku ringan, kita bia merendam kuku di dalam campuran air dan baking soda. Pasalnya, baking soda memiliki sifat antijamur yang dapat membantu.

-Meredakan asam lambung
Manfaat baking soda selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi rasa panas di dada akibat asam lambung. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menambahkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dingin dan minumlah secara perlahan.

Baca juga: Penyebab Terjadinya Rambut Rontok

-Menjaga kesehatan mulut
Berkumur dengan setengah sendok teh baking soda yang dicampur dengan setengah gelas air hangat diketahui dapat membantu menyegarkan napas. Selain itu, pasta gigi yang mengandung baking soda juga diyakini dapat membantu memutihkan gigi, membersihkan karang gigi, serta melindungi gigi dan gusi dari kerusakan.
Hal ini berkat kandungan baking soda yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya.

-Mencegah dan mengatasi keracunan jengkol
Beberapa penelitian menemukan bahwa pemberian baking soda diketahui dapat mengatasi keracunan jengkol dengan membantu meningkatkan proses pembuangan asam jengkolat. Namun, manfaat baking soda yang satu ini masih membutuhkan lebih banyak penelitian.
Menurut alodokter.com, meski memiliki banyak manfaat, baking soda tidak boleh digunakan secara sembarangan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang

perlu diperhatikan dalam menggunakan baking soda:
Hindari menggunakan baking soda pada gigi dalam waktu yang lama. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan erosi pada enamel gigi.
Hindari mengonsumsi baking soda setidaknya 2 jam setelah minum obat, sebab bahan ini dapat mengurangi kemampuan tubuh menyerap beberapa jenis obat.
Jangan gunakan baking soda lebih dari 2 minggu, kecuali atas anjuran dokter.
Jangan berikan baking soda pada anak di bawah usia 6 tahun, kecuali atas saran dokter. (ririn)

Baca juga: Tampil Beda Menjadi Dua Bagian, Yamaha Grand Filano Hybrid

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait