Penambah Stamina dan Energi, Inilah Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

Kesehatan —Sabtu, 26 Nov 2022 13:41
    Bagikan  
Penambah  Stamina dan Energi, Inilah Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan
Pinterest

DepostJogja,- Rasa manis pada makanan dan juga minuman biasanya bisa didapatkan dari gula. Nah, ada dua jenis pemanis yang kerap dikonsumsi, yakni gula putih yang kerap disebut gula pasir, dan gula merah yang dikenal dengan istilah gula aren atau brown sugar.
Tentunya gula merah ini juga dianggap lebih sehat dibanding gula pasir. Bukan hanya sebatas pemanis alami yang menyehatkan tubuh, tapi gula merah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat.
Gula merah mengandung nutrisi penting vitamin C, kalium, fosfor, kalsium, seng, zat besi, tembaga, beberapa fitonutrien, polifenol, flavonoid, dan anthocyanidin. Oleh sebab itu gula merah dapat digunakan sebagai penambah stamina dan energi.

Di himpun dari sumber brilio.net, inilah manfaat gula merah untuk kesehatan.

1. Mencegah anemia
Gula merah memiliki kandungan yang kaya zat besi dan folat. Kedua kandungan tersebut ampuh mencegah terjadinya anemia. Selain itu gula merah dapat mempertahankan kadar normal sel darah merah dan juga mempercepat peredaran darah.

2. Melancarkan menstruasi
Manfaat gula merah selanjutnya yakni dapat melancarkan siklus menstruasi. Nah, mungkin bagi kamu yang mengalami siklus menstruasi tak lancar, tak ada salahnya untuk mendapatkan manfaat dari gula merah ini. Sebab seperti diungkapkan di atas, gula merah dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga membuat siklus haid normal.

Baca juga: Ternyata Bawang Putih Sering Dijadikan Obat Herbal

3. Dapat redakan nyeri sendi
Diketahui bahwa mengonsumsi gula merah dan sepotong jahe dapat membantu meringankan nyeri sendi. Kamu juga dapat meminum segelas susu hangat dengan tambahan satu sendok makan gula merah, maka akan memperkuat tulang dan menjauhkan dari masalah kesehatan tulang.

4. Mengatur kadar kolestrol
Gula merah dapat menjadi solusi alternatif pengganti pemanis buatan. Namun, dengan syarat tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Gula merah mengandung senyawa niacin yang berperan dalam mengatur kolesterol dalam darah, sehingga kadar kolesterol dapat dijaga untuk tetap normal.

5. Menjaga kekebalan tubuh
Ketika kamu merasa lelah dan tidak berenergi, mengonsumsi gula merah bisa menjadi salah satu solusinya. Gula merah diketahui dapat meningkatkan energi tubuh secara cepat dan instan. Selain itu gula merah juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak hanya sebagai pemanis atau bahan masakan saja, gula merah juga banyak mengandung dan bermanfaat bagi tubuh. *Rin

Baca juga: Manfaat dan Kandungan Gizi yang Terkandung Pada Ikan Salmon

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait