Mengenal Apa Itu Penyakit Sinusitis dan Cara Mencegahnya

Kesehatan —Sabtu, 14 Jan 2023 10:47
    Bagikan  
Mengenal Apa Itu Penyakit Sinusitis dan Cara Mencegahnya
Pinterest

DepostJogja,- Sinusitis adalah peradangan akut atau kronis pada lapisan mukosa pada satu atau lebih rongga di sekitar hidung. Pelajari 4 cara mencegah sinusitis dalam artikel ini. Jika kamu pernah mengalami pilek dan belum sembuh total, kemungkinan sinus kamu bengkak. Secara sederhana, sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak.

Sinus dilapisi dengan selaput tipis yang menghasilkan lendir, yang secara alami bergerak dengan sel-sel rambut dan mengalir ke rongga hidung melalui katup. Sedangkan sinusitis adalah peradangan pada sinus yang berdekatan dengan hidung, yaitu rongga di dalam tulang yang mengelilingi hidung.

Sinusitis disebut juga rinosinusitis, terjadi ketika sistem drainase ini tersumbat, biasanya disebabkan peradangan akibat infeksi atau alergi.
Beberapa gejala juga di antaranya sakit kepala, perasaan tertekan atau nyeri di wajah, dan hidung tersumbat dengan dahak yang kental. Gejala-gejala ini dapat hilang dengan sendirinya tetapi seringkali menetap dan sering kambuh.

Beberapa tahun yang lalu, Dr. Ralph Matheson di Massachusetts Eye and Ear Clinic di Boston melakukan penelitian tentang pengaruh pembengkakan sinusitis kronis pada fungsi sehari-hari manusia. Dia dan rekan-rekannya melakukan penelitian karena banyak pasien mereka mengatakan bahwa mereka tidak tahu bagaimana pembengkakan itu bisa terjadi dan cara mencegahnya.

Baca juga: Berikut, Atasi Amandel Dengan Obat Alami

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terkena sinusitis atau gejala sinusitis. Salah satu langkah terpenting adalah menjaga kebersihan saluran hidung.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini 4 cara mencegah penyakit sinusitis.

1. Cuci saluran hidung kamu setiap hari
Lewatkan air dengan lembut melalui saluran hidung kamu untuk membantu membersihkan lendir berlebih dan melembabkan selaput. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah pagi dan malam hari saat kamu menyikat gigi.

2. Minum banyak air
Sering minum air adalah langkah yang baik untuk menjaga lendir tetap tipis dan cair. Letakkan sebotol air di atas meja dan gelas di samping kamar tidur atau di mana yang mengingatkan kamu untuk selalu minum air.

3. Hindari lingkungan kering
Memiliki pelembab udara di rumah, terutama di kamar tidur, dapat mencegah saluran hidung kamu menjadi kering. Jaga kebersihan alat dan jauhkan dari bakteri dan jamur.

4. Tempatkan kepala kamu lebih tinggi dari tubuh saat tidur
Saat kepala kamu menunduk di malam hari saat tidur, lendir terkumpul di sinus kamu. Oleh karena itu, letakkan kepala kamu lebih tinggi dari ketinggian tubuh saat tidur dengan bantal.

Demikianlah penjelasan dari apa itu sinusitis dan 4 cara mencegahnya. Semoga bermanfaat.*Rin

Baca juga: Apa Itu Diet Mediterania? Begini Cara Menerapkannya

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait