Jadi Jajanan Khas Tanah Air, Bakso Banyak Ragamnya

Kuliner —Minggu, 11 Sep 2022 14:04
    Bagikan  
Jadi Jajanan Khas Tanah Air, Bakso Banyak Ragamnya
foto : Pinterest

DEPOSTJOGJA,- Panganan bakso kian menjamur di mana-mana. Bakso memiliki banyak penggemar dan jadi menu favorit. Isian dan jenis baso pun semakin beragam, seperti bakso urat sapi atau bakso cincang.   Berikut beberapa ragam bakso yang sering kita temui.

Bakso Malang

Bakso Malang berasal dari Kota Malang. Bakso ini memiliki ciri khas menggunakan daging sapi dan dominan urat. Ukuran bakso sedang dengan bumbu yang sederhana seperti kaldu dan bawang putih. Lalu tambahan tahu dan pangsit. Bakso Malang memiliki rasa gurih dan menyegarkan.

Bakso Aci

Bakso aci khas Bandung adalah bakso yang tidak menggunakan bahan dasar daging sapi. Adonannya hanya menggunakan tepung terigu dan campuran tepung kanji. Bakso Aci biasa disajikan dengan kuah pedas, jeruk nipis dan kacang sukro.

Baca juga: Indonesia Kirimkan Wakil di Denmark Open 2022

Bakso cuanki

Bakso Cuanki adalah bakso khas dari Kota Bandung. Bakso cuanki memiliki bahan dari ikan dengan kuah tulang ikan, meski saat ini banyak bakso Cuanki yang menjual dengan bakso daging sapi. Bakso Cuanki juga bisa disajikan dengan siomay, pangsit, dan mie.

Bakso seafood

Varian lainnya adalah bakso seafood. Bakso seafood diantaranya bakso kepiting atau lobster. Selain enak, juga memiliki kandungan gizi dan cocok untuk penggemar seafood.

Bakso ikan

Bakso ikan terbuat dari campuran tepung dengan daging ikan yang digiling dan dibentuk bulat-bulat. Bakso ikan biasanya cenderung lebih hitam atau putih tergantung daging ikan jenis apa.

Baca juga: Kisah Baskara dalam “Silam”

Bakso ayam

Jika biasanya berbahan daging sapi, namun bakso yang satu ini terbuat dari campuran ayam dan tepung. Warnanya kecoklatan seperti bakso sapi.

Bakso telur

Bakso telur lumrah ditemukan dimanapun. Olahan tepung dan daging sapi yang dibentuk, lalu diisi telur. Bakso telur juga semakin bervariasi bentuknya, dari kerucut, bulat besar dan lainya.

Bakso mercon

Meski namanya mercon, tak perlu khawatir jika bakso ini akan meledak saat memakannya. Kata “mercon” dalam bakso ini adalah kiasan karena bakso mercon memiliki rasa sangat pedas. Bahkan kuah dari bakso ini sendiri lebih dominan sambal serta cabe rawit merah yang masih utuh.

Baca juga: Merapi Park, Berwisata Keliling Dunia di Jogja

Bakso beranak

Bakso beranak hanya di Indonesia. Nama bakso beranak karena ukuranya yang besar dengan bakso kecil-kecil di dalamnya ketika kamu membelahnya.

Bakso Rusuk

Pecinta daging pasti ngiler dengan bakso yang satu ini. Bakso ini akan menonjolkan tulang rusuk sapi yang menggoda. Kuah daging sapinya juga yang gurih dan sedap.

Itulah beberapa kreasi bakso di Indonesia, mana favoritmu?* (RESTIYAN NINGSIH)

Baca juga: Wisata Hits di Jogja, Salah Satunya Heha Sky View

Editor: Ajay
    Bagikan  

Berita Terkait