Hilangkan Ketombe Memandel Dengan Cara Alami

LifeStyle —Selasa, 29 Nov 2022 14:40
    Bagikan  
Hilangkan Ketombe Memandel Dengan Cara Alami
ilustrasi (Pinterest)

DepostJogja,- Rambut yang berketombe bisa menyebabkan rasa gatal kemuncul ketombe karena disebabkan oleh rambut yang berminyak berlebihan pada kulit kepala, stres, perubahan hormon sampai dengan penyakit tertentu. Seperti infeksi jamur, psoriasis, sensitif dengan kandungan tertentu pada shampo dan dermatitis seboroik.
Orang yang mengalami rambut berketombe kadang tidak nyaman karena sering terlihat kotor ketika ketombe rontok, rambut yang berketombe juga bukan kondisi yang berbahaya dan bisa diatasi dengan shampo anti ketombe atau dengan bahan alami.
Dilansir dari halodoc.com (29/11/2022), inilah cara alami agar cepat menghilangkan ketombe yang memandel.

Baca juga: Penambah Stamina dan Energi, Inilah Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

Rutin Shompoan Anti Ketombe

Jika kamu memiliki jenis rambut yang mudah berminyak, maka sebaiknya rutin keramas untuk mengatasi masalah ketombe. Dengan keramas secara rutin, sel-sel kulit mati dan kotoran pada kulit kepala dapat terangkat.
Namun, bukan berarti kamu harus keramas setiap hari, ya. Keramas terlalu sering justru menghilangkan minyak alami pada rambut dan kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi semakin kering dan masalah ketombe akan semakin parah.
Saat keramas, gunakan sampo antiketombe, yang mengandung zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, dan selenium sulfida. Selain membantu menghilangkan ketombe, sampo dengan kandungan bahan tersebut juga bisa meredakan gejala gatal pada kulit kepala, akibat ketombe.
Lalu, bagaimana jika ketombe tetap muncul walaupun sudah ganti sampo? Menurut American Academy of Dermatology, kamu bisa menggunakan sampo antiketombe secara bergantian dengan bahan aktif yang berbeda. Cara ini untuk mencari jenis sampo yang paling tepat untukmu.

Mengoleskan Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh telah lama dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat. Namun, siapa sangka jika minyak ini juga ampuh untuk mengatasi ketombe membandel. Ya, tea tree oil mampu mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan meredakan gatal yang ditimbulkannya.
Untuk menggunakannya, campurkan beberapa tetes tea tree oil murni dengan sampo yang biasa kamu gunakan, lalu keramas seperti biasa. Namun, pastikan kamu tidak alergi dengan minyak ini, ya.
Cara mengetesnya dengan mengoleskan sedikit tea tree oil pada kulit lengan dan tunggu reaksinya dalam 24 jam. Jika terlihat memerah, sebaiknya jangan gunakan minyak ini untuk mengatasi ketombe, ya.

Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang bisa digunakan sebagai penghilang ketombe. Cara menggunakannya pun mudah. Cukup oleskan minyak kelapa secara merata ke kulit kepala, diamkan beberapa menit, lalu cuci dan bilas hingga bersih. Tak hanya menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga dapat membuat kulit kepala tetap lembap dan terawat.

Baca juga: Cara Meredakan Nyeri Haid

Semprotan Cuka Apel

Selain tinggi kandungan asam, cuka sari apel juga mengandung enzim yang dapat membunuh jamur dan bakteri. Keasaman cuka ini juga dapat menghilangkan sumbatan pada pori-pori kulit kepala dan menyeimbangkan pH-nya.
Cara menggunakannya adalah dengan menyemprot kulit kepala, dengan campuran 60 mililiter cuka sari apel dan 60 mililiter air, yang dicampur dalam botol semprot. Lalu, semprot kulit kepala secara menyeluruh, tutup dengan handuk selama 15 menit, dan cuci rambut seperti biasa. Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

Baking Soda

Sering digunakan sebagai bahan pembersih alami, baking soda juga bisa jadi cara ampuh mengatasi ketombe membandel. Cara kerjanya dengan mengelupas dan menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala.
Untuk menggunakan baking soda sebagai penghilang ketombe, kamu bisa campurkan dengan beberapa tetes air, lalu gosokkan ke seluruh bagian kulit kepala. Kemudian, bilas dengan air hangat hingga bersih. Jangan gunakan sampo, karena rambut mungkin akan jadi kering ketika pertama kali. Namun, setelah beberapa minggu, kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami dan ketombe pun hilang.

Itulah cara alami agar ketombe hilang, yang bisa kamu praktikan dirumah. Semoga bermanfaat. (RIN)

Baca juga: Tips Menurunkan Kolestrol Dengan Menjalani Pola Hidup Sehat

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait