Faktor Penyebab dan Mengatasi Komedo

LifeStyle —Jumat, 9 Dec 2022 14:26
    Bagikan  
Faktor Penyebab dan Mengatasi Komedo
ilustrasi (Pinterest)

DepostJogja,- Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Munculnya komedo disebabkan sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit, yang terjadi bila tidak melakukan pengelupasan kulit wajah secara berkala. Komedo merupakan lesi non inflamasi; sedangkan papul, pustul, nodus, kista adalah lesi inflamasi.

Faktor Munculnya Komedo

  • Akibat merokok
  • Tipe kulit berminyak
  • Konsumsi obat-obatan yang mengandung kortikosteroid, litium, atau androgen
  • Penggunakan kosmetik yang dapat menyumbat pori-pori
  • Faktor genetik
  • Perubahan hormon, seperti pubertas, menstruasi, atau akibat konsumsi pil KB
  • Iritasi kulit akibat terlalu kasar saat mencuci muka atau efek samping perawatan tertentu
  • Konsumsi makanan mengandung susu, gula, atau lemak tinggi

Baca juga: Mengenal Apa Itu Metode Surrogate Mother Saat Lahiran

Cara menghilangkan Komedo

Peeling
Teknik pengelupasan kulit dengan metode peeling bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan mengatasi berbagai masalah pada kulit, termasuk jerawat dan komedo.
Peeling dilakukan menggunakan bahan atau larutan kimia bersifat ringan, seperti asam salisilat, tretinoin, dan asam glikolik.
Terapi Laser dan Cahaya (Light And Laser Therapy)
Terapi ini menggunakan alat yang dapat mengeluarkan cahaya dan sinar laser yang diarahkan langsung ke bagian dasar kulit. Paparan sinar tersebut mampu menyingkirkan komedo dan jerawat tanpa merusak bagian atas kulit, sekaligus efektif menurunkan produksi minyak berlebih dan membunuh bakteri.

Produk Penghilang Komedo
Saat ini beragam produk untuk menghilangkan komedo mudah ditemukan dan banyak beredar di pasaran, baik yang berbentuk gel, krim, hingga plester yang langsung ditempel di kulit. Meski demikian, sebelum Anda hendak menggunakan produk penghilang komedo tertentu, pastikan produk tersebut telah terdaftar di BPOM dan gunakan sesuai petunjuk pemakaian.

Obat-obatan dari Dokter
Jika komedo membandel dan tidak hilang setelah menggunakan produk penghilang komedo, Anda dapat memeriksakannya ke dokter. Dokter akan memberikan obat dengan kandungan antibiotik maupun jenis obat lain, seperti benzoil peroksida, retinoid, asam glikolat, dan asam salisilat.

Komedo Ekstraktor
Metode untuk menghilangkan komedo yang satu ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau dokter estetika dengan menggunakan alat bernama komedo ekstraktor. Alat ini digunakan untuk menekan area sekitar pori-pori guna mengangkat komedo.
Itulah faktor dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat*Rin

Baca juga: Beberapa Faktor Penyebab Myopia pada Anak

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait