Berikut Tempat-Tempat yang Memiliki Sejarah Pada Zaman Penjajahan

Pendidikan —Rabu, 28 Sep 2022 14:42
    Bagikan  
Berikut Tempat-Tempat yang Memiliki Sejarah Pada Zaman Penjajahan
Palembang Sumatra Selatan.*(FOTO: Pinterest)

DEPOSTJOGJA,- Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku, bahasa dan budayanya. Seperti yang kamu ketahui, Indonesia menyimpan banyak sekali sejarah. Penting bagi kamu untuk mempelajari sejarah, khususnya generasi penerus bangsa. 

Tak lekang oleh waktu, jejak sejarah ini juga bisa kamu lihat dari banyaknya bangunan bersejarah di Indonesia. Berikut ini beberapa contohnya yang bisa kamu kunjungi.

1. Candi Borobudur dengan patung buddhanya

Siapa yang tidak mengenal keajaiban dunia ini? Candi Borobudur terletak di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Candi yang berhiaskan 504 patung Buddha ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. 

Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra, candi ini termasuk candi terbesar sedunia yang memiliki 42 m dan ketinggiannya yang mencapai 10 tingkat.

2. Candi prambanan

Pernah dengar cerita tentang Roro Jonggrang? Ya, Candi Prambanan ini memang diawali dengan legenda Roro Jonggrang.

Bercorak Hindu, candi ini memiliki nama lain sebagai kompleks Seribu Candi. Menjulang setinggi 47 meter dengan ornamen candi yang sangat mengagumkan, candi ini terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Baca juga: Pemerintah Buat Program Kredit Mesra

3. Lawang sewu

Ikon Kota Semarang ini dulunya digunakan sebagai kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Pembangunan Lawang Sewu ini cukup lama, yaitu sekitar 3 tahun. Setelah kemerdekaan RI, bangunan ini digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI).

Dalam bahasa Jawa, lawang itu berarti pintu, sedangkan sewu berarti seribu. Sehingga, lawang sewu berarti pintu seribu. Ya, bangunan ini memang memiliki pintu yang sangat banyak, namun tidak mencapai 1.000 pintu.

Memiliki 3 lantai, Lawang Sewu memiliki arsitektur yang cukup unik dan terdapat patung wanita Belanda di lantai utama dekat tangga naik lantai dua.

4. Palembang sumatera selatan

Kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia berumur setidaknya 1337 tahun jika berdasarkan prasasti Sriwijaya yang dikenal sebagai prasasti Kedudukan Bukit. Menurut Prasasti yang berangka tahun 16 Juni 682. Pada saat itu oleh penguasa Sriwijaya didirikan Wanua di daerah yang sekarang dikenal sebagai kota Palembang

. Menurut topografinya, kota ini dikelilingi oleh air, bahkan terendam oleh air. Air tersebut bersumber baik dari sungai maupun rawa, juga air hujan. Bahkan saat ini kota Palembang masih terdapat 52,24 % tanah yang yang tergenang oleh air (data Statistik 1990).

5. Gedung sate bandung

Warga Bandung pasti sudah sangat mengenal bangunan ini. Terletak di tengah kota, Gedung Sate sekarang masih aktif sebagai pusat pemerintahan Kota Bandung.

Gedung Sate memiliki ornamen yang unik dengan enam tusuk sate yang berada di atas menara sentral melambangkan bahwa bangunan ini menghabiskan enam gulden dalam pembangunannya lho. Kepopuleran Gedung Sate ini tidak hanya di Bandung, namun juga di Jawa Barat.

Sangat megah dan unik, bukan?

Baca juga: Steak Low Budget dari Olahan Tempe

Editor: Siska
    Bagikan  

Berita Terkait