5 Kuliner Khas Belitung Jangan Sampai Terlewatkan!!

Kuliner —Sabtu, 22 Oct 2022 14:43
    Bagikan  
5 Kuliner Khas Belitung Jangan Sampai Terlewatkan!!
Mie belitung- Pinterest

DepostJogja,- Sekarang ini siapa sih yang tidak kenal dengan Belitung? Daerah yang sering disebut sebagai Pulau Laskar Pelangi ini menyimpan berbagai macam wisata yang akan membuat para pengunjung betah, apalagi wisata kulinernya.

Bicara tentang kulliner di Pulau Belitung pasti tidak akan ada habisnya, karena banyak banget pilihannya.

Nah, maka dari itu, kali ini Piknikdong bakal mengulas makanan khas dari Belitung yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung kesana. Selain lezat, makanan ini pasti akan membuatmu ketagihan.

Daripada semakin penasaran makanan apa sajakah itu? Simak yuk ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Resep Spaghetti Bolognese ala Italia

1. Rusip 

Untuk makanan yang tidak boleh terlewatkan ketika di Belitung adalah Rusip. Makanan khas Belitung ini konon percampuran antara dua budaya yakni dari Belitung dan Jawa.

Proses pembuatan Kuliner khas Belitung ini bisa dibilang unik dan memerlukan waktu yang lama, karena menggunakan ikan teri yang difermentasi, yang kemudian dicampur dengan gula jawa. Kebayang rasanya seperti apa? Jangan lupa untuk mencobanya ketika datang ke Belitung.

2. Pantiaw

Jika inign mengganjal perut saat sedang lapar, pantiaw adalah pilihan makanan yang tepat ketika di Belitung.

Pantiaw berwarna putih bersih, diatasnya ada toping bawang goreng yang akan menggugah seleramu untuk segera mencicippinya.

 3.Mie Belitung

Bagi pecinta mie, kuliner satu ini tidak boleh dilewatkan. Ukuran potongan mie yang terhitung jumbo ini disajikan dengan kuah kental, lengkap dengan udang rebus, kerupuk melinjo, dan taburan bawang goreng.

Kuahnya yang gurih akan semakin terasa nikmat dengan sambal. Meski melegenda, mie belitung cukup murah karena dijual mulai dari harga Rp10.000 saja.

3. Siput gonggong

Sesuai dengan namanya, makanan khas Belitung satu ini dibuat dengan bahan utama siput, bedanya siput satu ini berasal dari laut. Siput gonggong diolah dengan cara direbus lalu disajikan lengkap dengan sambal. Sementara itu, cara memakannya adalah mengeluarkan siput dengan tusuk gigi lalu mencocokkannya ke kuah sambal.

5. Gangan

Kuliner khas Belitung ini juga tidak boleh kamu lewatkan. Makanan ini adalah makanan sehari-hari orang Belitung. So jika kamu mencobanya, akan selalu teringat Pulau Belitung ketika sudah pulang dari sana. Gangan ini disajikan dengan kuah, dan berbahan ikan, sayuran dan rempah-rempah khas Belitung. So akan sangat nikmat rasanya.

 

 

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait