Simak Buah Pisang Bukan Hanya Enak Saja, Namun Bisa Mengatasi Darah Rendah

Kesehatan —Senin, 7 Nov 2022 09:40
    Bagikan  
Simak Buah Pisang Bukan Hanya Enak Saja, Namun Bisa Mengatasi Darah Rendah
Pinterest

DepostJogja,- Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna berukuran besar dengan daun memanjang dan besar yang tumbuh langsung dari bagian tangkai. Batang pisang bersifat lunak karena terbentuk dari lapisan pelepah yang lunak dan panjang. Batang yang agak keras berada di bagian permukaan tanah.
Bukan hanya enak dan manis. Pisang juga ternyata memiliki banyak manfaat lho! Apa saja ya kira-kira?


Membantu atasi Hipertensi
Pisang memiliki kandungan kalium. Kalium yang terdapat di buah pisang bisa membantu mengatur keseimbangan caian dan elektorlit sehingga tekanan darah tetap stabil. Serat bahan pangan yang dikandung pisang mampu mengikat lemak. Dengan begitu, pembentukan plak bisa dicegah. Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat darah sehingga menyebabkan tekanan darah menignkat.


Sumber karbohidrat dan Vitamin A
Buah pisang terkenal kaya akan vitamin juga serat. Pisang memiliki dua kali lipat karbohidrat jika dibandingkan dengan apel dan lima kali lipat vitamin A didalamnya. Pisang juga kaya akan magnesium dan kalium yang dapat membantu tubuh untuk tetap bugar.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Hair Mask?, Ayo Simak

Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan Vitamin A, C dan B6 yang terdapat didalam buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar tidak cepat lemas.


Melancarkan Aliran Oksigen ke otak
Pisan juga kaya akan potassium, minerak yang penting untuk penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh karena itu, sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darha tinggi bisa dicegah.


Mengatasi anemia
Salah satu zat penting lain yang ada di dalam pisang adalah zat besi. Buah ini baik bagi orang yang kekurangan darah merah. Tepatnya adalah untuk mendukung pembentukan hemohlobin, atau protein yang mengandung zat besi. 


Menurunkan berat badan
Pisang memiiki kandungan karbohidrat komplek, hal ini tidak bisa menaikan kadar glukosa secara drastis. Pisang juga rendah lemak dan aman untuk yang ingin berdit.

Wah, banyak sekali ya? (RIRIN/kemkes.go.id)

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait