Mengandung Banyak Manfaat Dalam Daun Mint

Kesehatan —Rabu, 23 Nov 2022 11:13
    Bagikan  
Mengandung Banyak Manfaat Dalam Daun Mint
Pinterest

DepostJogja,- Daun mint adalah salah satu daun herbal yang kerap dicampurkan ke makanan atau minuman karena rasanya yang khas. Beberapa orang suka menggunakan manfaat daun mint langsung dalam makanan mereka, beberapa menggunakannya sebagai hiasan dan lainnya menggunakannya dalam bentuk minyak atau ekstrak, mungkin kamu juga pernah melihat daun mint di dalam minuman ala restoran hanya dijadikan hiasan saja.

Namun umumnya daun mint memiliki banyak kandungan antioksidan dan fitonutrien, dan mengandung vitamin A, vitamin C, dan B-kompleks, fosfor, kalsium, dan memiliki sifat anti-bakteri. Daun mint juga jadi salah satu sumber yang kaya zat besi, kalium, dan mangan yang meningkatkan kadar hemoglobin dan meningkatkan fungsi otak.

Tanaman ini juga kerap dikonsumsi karena dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Diulas dari media kesehatan, inilah manfaat daun mint yang jarang di ketahui:

Baca juga: Selain Untuk Mempercantik Ruangan, Air Diffuser Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

1. Mengobati gangguan pernapasan
Daun mint sangat dianjurkan untuk pasien asma, karena bertindak sebagai relaksan yang baik dan mengurangi kesesakan di dada.
Konsumsi daun mint setiap hari dapat memberikan efek menenangkan bagi penderita asma.
Mint dikenal untuk membersihkan hidung tersumbat, mentol dapat membuat pernapasan jauh lebih mudah. Ini juga mengurangi iritasi yang disebabkan oleh batuk kronis.

2. Mengobati gangguan pencernaan
Daun mint dapat membantu untuk mempromosikan sistem pencernaan dengan merangsang enzim pencernaan.
Minyak mint memiliki sifat antiseptik dan antibakteri untuk meredakan gangguan pencernaan, infeksi perut, dll.
Daun mint bertindak sebagai obat anti-spasmodik karena adanya metanol.

3. Meredakan nyeri saat menyusui
Ibu menyusui umumnya mengalami puting yang sakit dan pecah-pecah, yang dapat membuat menyusui menjadi menyakitkan dan sulit.
Bukti mengungkapkan bahwa mengoleskan minyak esensial mint bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan rasa sakit dan puting pecah-pecah.

Baca juga: Tips Perawatan Untuk Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat dan Awet

4. Membantu meringankan alergi
Studi terbaru yang dilakukan pada tahun 2019 telah membuktikan bahwa Mint mengandung 53 senyawa terpisah yang memiliki sifat anti alergi.
Ini berarti mengkonsumsi mint sampai batas tertentu dapat membantu dalam pengobatan berbagai jenis alergi.

5. Meredakan irritable bowel syndrome
Irritable Bowel Syndrome adalah gangguan umum pada sistem pencernaan. Ini dapat menyebabkan sakit perut, sembelit, diare, kembung, dan gangguan pencernaan.

Perawatan utama dan penting untuk sindrom iritasi usus besar adalah perubahan pola makan, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak mint dapat membantu. Minyak mint mengandung senyawa yang disebut mentol yang memberikan efek relaksasi pada otot-otot saluran pencernaan.

Semoga Bermanfaat.*rin

Baca juga: Wanita Wajib Tahu! Mengenal Warna Darah Menstruasi

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait