Herbal Alami Mengatasi Bau Mulut

Kesehatan —Rabu, 14 Dec 2022 14:54
    Bagikan  
Herbal Alami Mengatasi Bau Mulut
ilustrasi (Pinterest)

DepostJogja,- Masalah bau mulut atau halitosis sering kali membuat seseorang jadi minder dan kurang percaya diri. Wajar, bila masalah ini muncul banyak orang yang rela melakukan berbagai cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan mouthwash (obat kumur). Namun tahukah kamu bahwa terdapat bahan-bahan alami yang juga ampuh dalam mengatasi bau mulut?
Dikutip dari beberapa media inilah obat alami untuk mengatasi bau mulut yang bisa kamu coba dirumah:

Teh hijau
Fitokimia dalam teh hijau secara alami bersifat antibakteri yang bisa menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Cara menggunakan teh hijau sebagai obat alami menghilangkan bau mulut sebagai berikut: Rendam 1 kantong teh hijau di dalam secangkir air panas selama beberapa menit. Setelah membaur tambahkan madu secukupnya untuk, lalu minum teh ini. Anda bisa meminum racikan teh hijau ini 1-3 cangkir setiap hari.

Kapulaga
Kapulaga telah digunakan sejak lama di India sebagai obat kesehatan mulut setelah makan. Herbal ini bekerja sebagai penyegar aromatik untuk mulut Anda dan mengurangi bau mulut dengan bertindak sebagai pewangi. Sehingga, ini bisa menjadi obat alami untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap. Cara menggunakan kapulaga sebagai obat alami bau mulut yaitu dengan mengunyah biji kapulaga. Setiap kali Anda makan dengan bawang putih, bawang merah, atau makanan lain yang memiliki bau kuat, masukkan kapulaga ke dalam mulut Anda setelah makan.

Baca juga: Inilah Berbagai Arti Tahi Lalat di Titik Tubuh Tertentu

Jahe
Selain ampuh menghangatkan badan di kala hujan, jahe juga termasuk cara alami untuk mengatasi bau tak sedap di mulut. Cara memanfaatkan jahe sebagai obat penghilang bau mulut mudah saja. Cukup parut satu ruas jahe kemudian campurkan dengan air untuk mendapatkan jusnya. Setelah mendapatkan jus jahe, campurkan dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur.

Yogurt
Bau mulut yang muncul nyatanya juga bisa dinetralkan dengan mengonsumsi produk olahan susu, seperti yogurt. Ini karena yogurt mengandung probiotik yang mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, yogurt juga efektif mengurangi kadar hidrogen sulfida yang ada di mulut. Hidrogen sulfida sendiri merupakan senyawa yang dapat memicu munculnya bau mulut.

Kayu manis
Anda bisa juga menggunakan kayu manis yang dicampur dengan madu dan lemon untuk menghilangkan bau mulut. Kayu manis dan madu keduanya memiliki sifat antimikroba yang akan mensterilkan dan membersihkan mulut Anda. Sementara, lemon yang mengandung asam memiliki efek bakterisidal pada flora mulut serta menyeimbangkan pH di dalamnya. Cara menggunakan racikan rempah ini sebagai obat alami menghilangkan bau mulut, yaitu: Campur 1/2 sendok makan bubuk kayu manis, 1-2 sendok makan madu (sebaiknya madu Manuka), dan 2 lemon yang diambil airnya. Tambahkan secangkir air hangat ke dalam campuran rempah tersebut. Aduk merata. Gunakan untuk berkumur setelah menggosok gigi. Bilas mulut dengan air biasa. Anda bisa melakukan ini setiap hari sellama beberapa hari.*rin

Baca juga: Simak, Apa Saja Manfaat Retinol Produk Wajah

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait