Pentingnya Minyak Ikan Untuk Para Wanita

Kesehatan —Kamis, 17 Nov 2022 13:38
    Bagikan  
Pentingnya Minyak Ikan Untuk Para Wanita
Pinterest

DepostJogja,- Minyak ikan adalah suplemen berisi lemak atau minyak yang diekstrak dari jaringan ikan. Biasanya minyak ini berasal dari ikan berlemak, seperti herring, tuna, teri, dan mackerel. Namun, kadang-kadang, minyak ikan juga bisa dihasilkan dari bagian hati ikan jenis lain, seperti halnya dengan minyak hati ikan kod. Minyak ikan bisa di sebut Omega-3 Omega-3 merupakan lemak baik yang terdiri dari tiga jenis, yaitu asam alfalinolenat (ALA), Dekosaheksaenoat (DHA), serta eikosapentanoat (EPA). Omega-3 kaya manfaat yang beragam, bahkan sangat baik untuk mendukung kesehatan wanita, salah satunya dapat mengurangi kram perut saat haid dan mencegah kanker payudara.
Berikut ini informasi mengenai manfaat omega-3 bagi wanita telah dirangkum dari beberapa media:

Meredakan Nyeri Haid
Nyeri haid merupakan masalah yang sering dialami hampir semua perempuan setiap bulannya. Bukan saja sakit, nyeri haid juga kerap mengganggu aktivitas sehari-hari bagi yang mengalaminya.
Nyeri haid umumnya terjadi di perut bagian bawah dan panggul yang sering meluas ke punggung bawah dan paha. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang rajin mengonsumsi omega 3 diketahui mengalami nyeri haid yang lebih ringan.
Bahkan penelitian lain menambahkan bahwa suplemen omega 3 lebih efektif daripada ibuprofen dalam mengobati rasa sakit yang parah selama menstruasi.

Baca juga: Bukan Hanya Untuk Adonan Kue, Baking Soda Punya Banyak Manfaat

Membantu Wanita Cepat Hamil
Sejalan dengan fungsi omega-3 dapat mencegah infertilitas, maka rajin mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 juga dapat membantu kamu untuk lebih cepat hamil.
Menurut Dr. Malgorzata Skaznik-Wikiel, seorang dokter kandungan-ginekolog yang melakukan penelitian pada sekelompok tikus yang dikembang biakkan secara genetik agar tubuhnya memiliki rasio yang sehat dari asam lemak omega-3.
Mencegah Kemandulan Wanita
Manfaat omega-3 bagi wanita selanjutnya adalah dapat mencegah infertilitas atau kemandulan. Hal ini karena asam lemak omega-3 dapat mengurangi pembekuan darah pada lapisan endometrium rahim sehingga memungkinkan embrio untuk menanamkan dirinya sendiri dengan mudah dan kuat pada dinding rahim.

Cegah Kanker Payudara
Manfaat omega-3 bagi wanita lainnya yaitu mampu mengurangi resiko kanker payudara. Asam lemak yang ada pada omega-3 akan menurunkan kekuatan estrogen dalam jaringan payudara.
Asam lemak omega-3 juga merupakan elemen penting yang bisa menggantikan sel payudara yang rusak terserang oleh inflamasi sel kanker. Bahkan, untuk mereka yang sudah terserang kanker payudara, asam lemak omega-3 bisa menjadi kunci untuk melawan serangan kanker tersebut.

Mencegah Kelahiran Prematur
Manfaat omega-3 bagi wanita berikutnya adalah dapat mencegah kelahiran prematur. Perlu diketahui bahwa kekurangan asam lemak omega-3 bisa menjadi akibat dari ketidakseimbangan emosi, stres, kekurangan gizi atau hormonal.
Wanita hamil yang mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 memiliki risiko 50 persen lebih rendah mengalami kelahiran prematur yang diakibatkan karena stres.

Itulah pentingnya wanita mengkonsumsi minyak ikan dengan teratur. Semoga Bermanfaat*Ririn

Baca juga: Menu Tempe Bacem yang Enak dan Legit

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait