Viral di Media Sosial Teror Lampor, Cerita Horor Legenda Keranda Terbang

Hiburan —Selasa, 27 Jul 2021 11:08
    Bagikan  
Viral di Media Sosial Teror Lampor, Cerita Horor Legenda Keranda Terbang
image/pinterest

YOGYAKARTA, DEPOSTJOGJA 

Cerita Horor Legenda Keranda Terbang Viral di Media Sosial Teror Lampor ini sempat menghebohkan banyak orang. Banyak peristiwa mengerikan teror lampor dan keranda terbang yang sedang viral dan menghebohkan di media sosial.

Makhluk lampor yang sempat terkenal pada tahun 1960an yang sempat menghilang dan beberapa hari ini muncul kembali.



Cerita ini bermula ketika ada seorang wanita yang memposting di akun Facebook sebuah video horor yang menceritakan ada sebuah pintu yang diketuk dari luar sekitar pukul 01.00 dini hari. Kemudian setelah pintu itu dibuka tidak ada seorang pun disana.


Kejadian ini tidak hanya terjadi di Malang, Jawa Timur tetapi kejadian lampor ini juga terjadi di daerah Jawa Tengah.

Beberapa kejadian ini ditanggapi oleh warganet sebagai hoax atau tidak benar tetapi, beberapa warganet mengatakan bahwa jika kejadian ini hoax, kejadian ini banyak terjadi di berbagai daerah.


Fenomena keranda terbang merupakan cerita horor klasik yang sebelumnya sudah pernah terjadi di beberapa tanah jawa.


Lampor biasanya mengacu kepada suara, ketukan atau sesuatu yang berjalan tetapi tidak ada wujudnya. Banyak orang percaya bahwa jika lampor mengetuk pintu, atau bagi siapapun yang membuka pintu untuk lampor akan sakit atau bahkan meninggal dunia.


Sebuah akun TikTok bernama bang_jo26 yang sudah dilihat 29,09 juta kali ini menceritakan tentang ada dua photo yang dipercaya sebagai penampakan keranda terbang. Ia juga menuliskan caption “Semenjak keranda terbang bikin resah tiap desa yang ngalamin, semoga di tempat kalian gk seperti didesa km” tulisnya.

BACA JUGA: Museum yang Terletak di Jogja yang Mempunyai Banyak Sejarah

Setelah itu bang_jo26 pun memposting sebuah video keranda terbang dan menuliskan “ yang lagi viral di kampong-kampungku sekarang keranda terbang yang lewat kampong pasti banyak orang sakit dan mati. Orang jawa asli bilang begeblok datang penyakit tiba-tiba. Allahualam yang maha kuasa yang tau.” Tulisnya.


Pengertian lampor atau kromoleo pun berbeda-beda di masing-masing daerah. Lampor diartikan sebagai gaduh atau kegaduhan nama ini sesuai dengan kepercayaan lampor di Jawa Tengah.


Konon, ketika muncul lampor akan membuat kegaduhan suara-suara gaduh yang dipercaya sebagai iring-iringan kuda dan pasukannya Nyi Roro Kidul yang datangnya dari laut selatan menuju gunung merapi atau keraton Yogyakarta.


Di Jawa Timur lampor adalah makhluk membawa keranda yang konon katanya makhluk ini senang mencari tumbal yang biasanya datang pada malam hari untuk mencari tumbal.

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait