Sate Ambal Kuliner Khas Kebumen

Kuliner —Kamis, 10 Jun 2021 09:55
    Bagikan  
Sate Ambal Kuliner Khas Kebumen
foto| istimewa @robieborie

KEBUMEN, Depostjogja.com


Kebumen punya kuliner yang unik, walau sebenarnya hampir disemua daerah punya kuliner yang satu ini, namanya sate Ambal. Sate yang berbahan utama daging ayam, yang membedakan dan unik terletak pada bumbu atau saus nya, yang didaerah lain biasanya menggunakan kacang tanah sebagai bahan bumbu, nah di sate Ambal ini menggunakan tempe yang dihaluskan, unik bukan?.

Sejarah Sate Ambal
Sate Ambal adalah kuliner khas kebumen yang sudah terkenal dimana-mana, kata "Ambal" merupakan nama kecamatan di pesisir selatan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Konon awal mula sate Ambal ini muncul ketika sang Bupati Menginginkan adanya makanan khas yang sehat dan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di Ambal. Akhirnya tercetuslah sate Ambal dan mulai dikenal sejak tahun 1870.

Saat ini penjual sate ambal sudah tersebar di Kabupaten Kebumen tidak hanya di daerah Ambal. Saat kami lewat di Kecamatan Kutowinangun terlihat banyak pedagang sate Ambal dipinggir jalan, dan lokasinya saling berdekatan membuat kami penasaran ingin mampir. Mencoba ngobrol dengan penjualnya, yang ternyata sudah generasi ke 3. Namanya Bapak Sholikin yang berjualan meneruskan Orang Tuanya secara turun temurun.

BACA JUGA: Ramalan Zodiak Besok Jumat 11 Juni 2021, Pisces dan Scorpio Bermain Cinta, Virgo Jangan Menyesal

Dibakar Dengan Arang Batok Kelapa
Berbeda dengan sate ayam dibeberapa daerah, terutama rasa bumbunya yang dominan Manis, namun pedas dan asinnya lumayan terasa. Menurut Pak Sholikin Sate Ambal sebelum dibakar, direndam dulu dengan 20 jenis rempah, wow sekali ya, ga kalah tuh sama ayam buatan luar negeri. Setelah direndam selama kurang lebih 2 jam, proses berikutnya adalah dibakar tanpa mengunakan kecap, untuk rasa manis menggunakan gula Jawa (brown sugar). Satu lagi keunikan dari sate Ambal yaitu saat dibakar menggunakan arang dari batok kelapa, bikin khas banget aromanya. Bagi anda yang sedang melakukan perjalanan bisa mencoba sate Ambal Kuliner khas Kabupaten Kebumen, harga dijamin aman di kantong, tetap jaga protokol kesehatan agar perjalanan anda aman dan menyenangkan, selamat berkuliner.(RB)

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait