Fakta Menarik Kabupaten Rembang, Kabupaten Yang Menjadi Tempat Persinggahan Terakhir R.A KARTINI

Wisata —Selasa, 22 Jun 2021 15:04
    Bagikan  
Fakta Menarik Kabupaten Rembang, Kabupaten Yang Menjadi Tempat Persinggahan Terakhir R.A KARTINI
Image/Pinterest

Yogyakarta, Depostjgja


Kabupaten Rembang adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah.Kabupaten ini berbatasan dengan Teluk Rembang di utara, Kabupaten Tuban di timur, Kabupaten Blora di selatan, serta Kabupaten Pati di barat. Kabupaten Rembang terkenal dengan 3 julukan yang unik yaitu :

Cola-nya Jawa (The Cola of Java)
Rembang terdapat buah kawista yang melimpah, buah kawista memiliki rasa mirip seperti Cola.

Little Tiongkok (Tiongkok Kecil)
Kabupaten Rembang mempunyai julukan Tiongkok Kecil, terutama daerah Lasem yang merupakan pecinannya Kabupaten Rembang.

Kota Garam
Masyarakat Kabupaten rembang mayoritas bermatapencaharian sebagai petani garam, oleh karena itu Rembang dijuluki Kota Garam.

Kabupaten Rembang merupakan tempat persinggahan terakhir Raden Ajeng Kartini atau sering disebut juga R.A Kartini di sisa hidupnya. R.A Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. R.A Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi-Nusantara. R.A Kartini meninggal pada tanggal 17 September 1904 di Rembang.

BACA JUGA: Tidak Perlu Ke Luar Negeri, Destinasi Wisata Rembang Ini Mirip Dengan Bangunan China

Biografi Singkat R.A Kartini
R.A Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Nama lengkap R.A Kartini adalah Raden Ajeng Kartini Djojo Adiningrat. Raden Ajeng Kartini lahir di keluarga bangsawan oleh karena itu ia mendapatkan gelar Raden Ajeng (RA) di depan namanya.
R.A Kartini memiliki ayah yang bernama R.M Sosroningrat, putra dari pangeran Ario Tjondronegoro IX seorang bangsawan yang menjabat bupati Jepara.
Ibu R.A Kartini yang bernama M.A Ngasirah, beliau merupakan anak seorang kyai atau guru agama di kota jepara. R.A Kartini diketahui memiliki saudara 10 orang yang terdiri dari saudara kandung dan saudara tiri.

Untuk mengenan semua jasa R.A Kartini tidak cukup dengan mengenal namanya saja atau sekelumit kisahnya. Bila ada waktu, cobalah mampir sejenak ke Museum R.A Kartini yang ada di Rembang, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Peninggalan Tertua Di Indonesia, Perahu Kuno yang terletak di Kabupaten Rembang

Mengenal Museum R.A Kartini
Museum R.A. Kartini didirikan pada tangal 21 April 1967 semasa pemerintahan Bupati Drs. Adnan Widodo.Tujuan didirikannya museum adalah untuk mengabadikan jasa-jasa perjuangan R.A. Kartini dengan cara mendokumentasikan, memamerkan, dan memvisualisasikan benda-benda bersejarah peninggalan R.A. Kartini dan keluarganya.Museum R.A Kartini memiliki beberapa koleksi yang diantaranya :
1. Silsilah R.A. Kartini
2. Kotak berisi batik bergambar wayang.
3. Bothekan (tempat menyimpan ramuan jamu).
4. Kotak tempat surat
5. Relief keluarga Kartini
6. Kotak pataka yang berisi bendera Kartini (digunakan saat kirab)
7. Ranjang R.A Kartini
8. Meja rias
9. Meja tempat merawat bayi
10. Prasasti dari Presiden Soekarno yang menyatakan Kartini sebagai pahlawan nasional dan masih banyak lagi.

Museum R.A Kartini beralamat di Jalan Gatot Subroto Nomor 8, Kutoharjo, Rembang (sebelah timur Alun-alun Kabupaten Rembang).

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait