Tempat Buang Sial di Banguntapan, Keangkeran Goa Siluman

Wisata —Kamis, 26 Aug 2021 11:45
    Bagikan  
Tempat Buang Sial di Banguntapan, Keangkeran Goa Siluman
Keangkeran Goa Siluman yang Menjadi Tempat Buang Sial di Banguntapan/ kemendikbud/jogjakarta

YOGYAKARTA, DEPOSTJOGJA 

Jogjakarta adalah tempat yang terkenal sakral dengan jejak kejawen dan tragedy-tragedi khas kerator-kraton yang pernah terjadi.

Hal itu juga yang membuat banyak tempat di Jogjakarta yang memeilki cerita bahkan mitos dari turun-temurun.

Salah satunya adalah Goa Siluman merupakan sebuah petilasan atau semacam situs bersejarah yang berupa tempat pemandian gaya kerajaan Jawa jaman dahulu.

Bentuk bangunannya unik, berada sekitar 4 meter di bawah permukaan tanah. Bentuknya yang terpendam, maka kemudian ada pula yang menyebutnya sebagai Benteng Pendem yang artinya sebuah benteng yang terpendam.

Bangunan ini sudah tidak utuh lagi, telah habis dimakan jaman. Bagian dalam Goa Siluman terdiri dari lorong-lorong pengab yang sudah banyak ditumbuhi oleh lumut. Tak begitu luas memang areal Goa Siluman berdiri, hanya sekitar 100 x 200 m saja.

Di dalam Goa Siluman terdapat mata air yang sejak dahulu sampai sekarang terus mengalir dan dipercaya memiliki kekuatan lain dibaliknya.

Tempat Membuang Sial

Bukan hanya seram yang dihuni banyak siluman, namun tempat ini memilki kekuatan magis dimana bisa membuang sial atau nasib buruk

Mereka percaya dengan mengadakan ruwatan di tempat tersebut, nasib mereka yang buruk, susah dan menderita bisa bernasib baik dan sebaliknya.

Baca juga: Doa Ingin Bisa Umroh dan Haji agar Disegerakan

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Jumat 27 Agustus 2021, Taurus Fokus Diri Sendiri, Virgo Merencanakan Hal Indah

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 26 Agustus 2021, Aries Menahan Rindu, Libra Butuh Teman Dekat


Ritual dilakukan di dalam Goa Siluman tersebut tepatnya dibagian lorong sisi sebelah timur yang berada di kolam mata air abadi di dalamnya. Disertai dengan pembakaran dupa dan kemenyan dan menaburkan kembang setaman seperti kembang mawar dan melati di kolam mata air tersebut

Goa Siluman, sebenarnya tempat ini dahulunya merupakan sebuah calon tempat yang digunakan untuk pemandian para putri-putri serta selir Kerajaan Mataram, yang sekarang bernama Kraton Yogyakarta tersebut.

Pda zaman dahulu kala Raja pernah mendirikan keraton ke tempat ini stelah mendengar bisikan, dibangunlah bangunan yang megah salah satunya adalah pemandian yang kini menjadi Goa Siluman.

Namun rencana itu dibatalkan karena Raja mendapatkan bisikan kembali untuk memindahkan keraton ke Plered, alhasil banyak orang yang kecewa beberapa abdi dalem yang setia hingga saat ini konon banyak yang berada disitu/RS


Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait