Taman Sungai Mudal, Wisata Alam Terbuka Indah dan Menawan dari Yogyakarta

Wisata —Jumat, 18 Aug 2023 15:57
    Bagikan  
Taman Sungai Mudal, Wisata Alam Terbuka Indah dan Menawan dari Yogyakarta
Taman Sungai Mudal. (Pinterest @catur)

DepostJogja_Banyak yang tidak menyangka bahwa banyak sekali objek wisata dengan alam terbuka di Yogyakarta, salah satunya adalah Taman Sungai Mudal,

Ekowisata Sungai Mudal menjadi pilihan favorit para wisatawan yang suka menghabiskan liburan di dataran tinggi dan memberikan suasana yang sejuk. Apalagi, tiket masuknya relatif murah, hanya Rp 15.000 per orang.
Taman Sungai Mudal berlokasi di Desa Jatimulyo di Kecamatan Kulon Progo Girimulyo memiliki daya tarik tersendiri.
Selain karena keunikan bentuknya yang terkenal, juga dengan keberadaan tebing bebatuan di Gunung yang membuat Taman Sungai Mudal semakin suram dan melindunginya dari terik matahari.
Apabila beruntung kita juga bisa melihat kera ekor panjang (Macaca fascicularis) yang sering muncul di kawasan Menoreh, yang turun dari tebing bebatuan untuk mencari makan.
Taman sungai mudal ini menawarkan pesona sebuah kolam pemandian yang bersumber dari mata air alami, mata airnya bersumber dari sebuah goa, sehingga kehadiran taman ini mengesampingkan kesan angker dari sebuah goa.
Ditambah dengan banyaknya para wisatawan yang merasa nyaman berada disana.
Ternyata taman sungai mudal ini mempunyai sejarah nya, berawal pada tahun 2011, melalui program bersih-bersih air yang dilakukan oleh masyarakat yang ada disana.
Ternyata, niat awal yang hanya ingin membersihkan saluran mata air karena sering digunakan untuk kebutuhan masyarakat sendiri.
Hal tersebut ternyata mempunyai peluang cukup besar menyadari betapa besar potensi dan pesona alam yang sangat menarik, maka dimulailah penataan kawasan tersebut menjadi sebuah objek wisata.
Lokasi tersebut berada di Desa Jati Ulyo, kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Akses jalan ini tidak jauh dan dapat diakses oleh kendaraan berjenis motor maupun mobil hingga area parkir, karena kondisi jalan yang cukup bagus sehingga mempermudah akses kendaraan.
Kalian juga bisa menikmati wahana flying fox dan tentunya hal itu akan mendapatkan biaya tambahan, selain itu juga ada camping area, dan hunting foto.
Ternyata disini juga fasilitas nya sudah lumayan lengkap berikut beberapa fasilitas yang bisa kalian gunakan
1. Area parkir
2. Toilet
3. Kantin
4. Gazebo
5. Ragam wahana
6. Fasilitas penunjang berenang
Uniknya siapapun bisa menyumbangkan bibit atau bunga untuk mempercantik taman sungai melalui program “Pohon Harapan”, program penanaman yang dilaksanakan di Taman Sungai Mudal untuk menjaga lingkungan.
Dengan cara ini kita tidak hanya bisa mengapresiasi keindahannya, tapi sebagai pengunjung kita juga ikut menjaga simbiosis simbiosis. (Erica R Feby)

Editor: Admin E
    Bagikan  

Berita Terkait