Cara Mengikhlaskan Kegagalan, Karena Kegagalan Menjadi Jalan Untuk Kesuksesan

Pendidikan —Senin, 15 Nov 2021 10:18
    Bagikan  
Cara Mengikhlaskan Kegagalan, Karena Kegagalan Menjadi Jalan Untuk Kesuksesan
image/ pinterest

DEPOSTJOGJA 

Dalam berkehidupan pasti ada saat kondisi pasang surutnya. Kadang kita berada di atas, kadang juga kita berada dibawah. Dalam berkehidupan semua orang pasti akan merasakan kesuksesan dan kegagalan sekaligus. Menuju kesuksesan memang bukanlah perkara mudah, ada beberapa rintangan yang harus amu hadapi sebelum kamu mendaptkan kesuksesan.

Kegagalan menjadi salah satu hal yang paling menakutkan dalam proses menuju kesuksesan, iya kan? tapi, tenang aja kegagalan adalah hal yang biasa terjadi. Kegagalan itu kesuksesan yang tertunda, sobat. Namun, walaupun kamu sudah mengalami kegagalan kamu jangan berhenti berjuang ya sobat! Kamu harus menyingkirkan ketakutanmu akan kegagalan. Untuk kembali memotivasimu, kamu harus perhatikan beberapa hal dibawah ini ya!


Ikhlas. Kamu harus ikhlas kalau semua tidak sesuai dengan yang kamu rencanakan. Tidak apa-apa karena keikhlasan menandakan bahwa kita belajar untuk menerima kegagalan masa lalu yang kita harapkan tidak akan terjadi lagi di msa depan. Belajar menerima kegagalan adalah salah satu karkter dari calon orang sukses. Dengan begitu, kita jadi mengerti bahwa semua tidak akan terjadi sesuai dengan apa yang direncanakan. Hal ini menguji sejauh mana kita mampu menghadapi krisis dan meghadapi emosi saat kita sedang menghadapi kegagalan. 

Kegagalan melatih kesabaran dan ketekunan. Dalam setiap masalah, pasti selalu ada hikmah dibaliknya. Begitu pun dengan kegagalan, dibalik kegagalanmu kamu bisa melatih kesabaranmu dan juga ketekunan agar kamu tidak merasakan hal yang sama dikemudian hari. Kita juga jadi belajar bahwa kesuksesan itu tidak dapat kita raih dengan mudah. Ada proses panjang sebelum akhirnya semua menjadi sukses. Tapi kamu harus percaya kalau kamu sabar dan rajin kamu pasti akan dapat haasil yang manis di kemudian hari.

Baca juga: Kata Baper Membuat Hilang Kata Maaf Pada Kaum Milenial

Baca juga: Launching Ipekmi Sayati Fair (ISF) Demi Membantu Para UMKM, dengan Tema BERSATU, BANGKIT dan TUMBUH.

Jangan berlarut dalam kesediha. Sobat, menghadapi sebuah kegagalan pasti akan membuatmu sedih, cemas, dan takut. Tapi kamu jangan terlalu berlarut-larut dalam kesedihanmu ya sobat. Karena hal itu justru membuang energy dan waktumu. Alih-alih waktumu dipakai untuk bersedih, lebih baik kamu menggunakan waktumu untuk mencoba hal baru kan?

Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Sobat, kamu harus percaya bahwa kegagalan bukanlah akhir dari semuanya. Kamu jangan menyerah begitu saja karena kamu gagal, tapi kegagalan itu harus kamu jadikan motivasi untuk berusaha bekerja lebih keras dari sebelumnya. Jangan kamu jadikan kegagalan ini sebagai alasan untuk kamu menyerah begitu saja ya sobat. Jadikanlah kegagalan ini sebagai motivasimu untuk bangkit dan terus berjuang. Dengan kegagalan ini kamu juga jadi belajar banyak kan.


Fokus dengan potensi yang ada di dalam diri. Nah daripada kamu terus berlaurt dalam kesedihan atau bahkan menyerah karena kegagalan. Kamu sebaiknya fokus dengan potensi yang ada dalam dirimu. Kamu harus terus mencoba dan yakin dengan apa yang kamu punya di dalam diri kamu. Terlalu berlarut dalam ketakukan dan kesedihan malah akan membuat kita menjadi tak semangat untuk bangkit lagi. Kamu harus terus belajar dan menggali apa yang ada di dalam diri kamu.

Ingat ya sobat, kegagalan bukanlah akhir dari semuanya. Kegagalan merupakan salah satu kunci kita untuk berjaalan menuju kesuksesan. Menghadapi kegagalan itu hal yang wajar. Tapi kamu harus terus berjuang untuk mencapai kesuksesan di depan matamu ya!-zz- 

Baca juga: Pura Besakih Menyimpan Bukit Peninggalan Zaman Megalitikum

Baca juga: Malam Pun Menjauh

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait