Mengunjungi Goa Sentono di Berbah, Sleman

Wisata —Jumat, 28 May 2021 14:00
    Bagikan  
Mengunjungi Goa Sentono di Berbah, Sleman
Goa Sentoso foto| Istimewa

Yogyakarta, Depostjogja 

Mengenal Goa Sentono
Tidak Jauh Dari Candi Abang kira-kira 100 meter dibawahnya, Ternyata ada situs yang layak kita kunjungi namanya Goa Sentono. Menurut Informasi yang kami himpun Situs Goa Sentono diduga merupakan tempat pertapaan Hindu, karena didinding Goa terdapat relief atau gambar para dewa Agama Hindu. Lokasi Goa berada di kampung Dibang, Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto Kecamatan Berbah Sleman Yogyakarta. Goa Ini dibangun sekitar abad ke-9 dan ke-10. Untuk mencapai lokasi sangat mudah jika kita sudah mengetahui lokasi candi abang.

Goa Sentono Terdiri Dari 3 Goa
Begitu kita sampai diareal goa sentono kita bisa memarkirkan kendaraan diareal yg lumayan luas. Lalu langsung saja menapaki jalan untuk sampai di depan Goa, lalu kita akan melihat ada 3 bagian pada goa :

1. Goa I, mempunyai ukuran panjang 300 cm, lebar 127 cm, tinggi 146 cm, didalam goa terdapat Lingga dan Yoni yang dipahat menyatu dengan lantai atau dasar goa. Pada dinding terdapat relief arca, namun pada relief-relief tersebut Sudah tidak utuh atau rusak terutama pada bagian wajah.
2. Goa II, mempunyai ukuran panjang 60 cm, lebar 120 cm, tinggi 126 cm, dan didinding goa terdapat relief yang menggambarkan 3 arca.
3. Goa III, mempunyai ukuran 180 cm, lebar 159 cm, tinggi 155 cm, Di dinding goa terdapat relief yang belum selesai, kemungkinan menggambarkan seekor kura-kura, dan di tengah goa terdapat lubang yang berfungsi untuk menempatkan objek pemujaan, dilansir dari Wikipedia.

Tempat Semedi atau Pertapaan
Dari berbagai informasi yang kami peroleh bahwa goa sentono merupakan goa buatan dari batu alam sebagai tempat Semedi atau Pertapaan umat Hindu pada kala itu, dan pada masa Kerajaan Mataram Hindu kira-kira goa ini dibangun dan difungsikan. Cukup nyaman berlama-lama disini, banyak pohon hingga tidak terasa sudah berjam-jam berada disini. Mungkin Anda penasaran, langsung saja kunjungi situs ini.

Semua situs yang ada di Indonesia khususnya Yogyakarta merupakan daya tarik tersendiri untuk wisatawan, mari terus kita jaga, agar anak cucu kita bisa belajar dan bangga pada hasil karya leluhurnya. (RB)

BACA JUGA: Ingin Wisata yang Anti Mainstream di Yogyakarta, Ini Dia Beberapa Goa yang Harus Anda Kunjungi

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait