Jelajahi Kota Zaman Dulu di Semarang

Wisata —Selasa, 10 Aug 2021 13:47
    Bagikan  
Jelajahi Kota Zaman Dulu di Semarang
image/pinterest

SEMARANG, DEPOSTJOGJA 

Salah satu kota terbesar di provinsi Jawa Tengah tidak lain ialah kota Semarang. Kota ini pun menajdi salah satu pilihan destinasi wajib untuk berpelisir, berwisata oleh banyak orang, tidak peduli dari wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Kota Lama Semarang pun turut dijadikan tempat persinggahan yang khas jika Sobat, mau untuk berkenalan dengan garis waktu dan sejarah di kota ini. Sebab, bagaimanapun, Kota Lama Semarang sudah terkenal dengan keeksotisannya yang kental akan bangunan-bangunan era kolonial, bahkan banyak yang sudah berusia hingga 200-300 tahun yang lalu berdirinya lhoo, Sobat! Banyak juga tentunya di antara bangunan-bangunan itu yang masih berdiri tegak dalam kondisi yang baik, bahkan tetap berfungsi normal

Baca juga: Tips Minuman Segar yang Bisa Membersihkan Tubuh

Baca juga: Ingin Motor Matic Tidak Cepat Rusak? Ini Tipsnya

Sejak abad ke-17, Kota Lama Semarang yang dijadikan objek wisata ini memang sudah ramai, sebab ia turut menjadi andil dalam salah satu pusat perdagangan Indonesia sejak zaman dulu. Apalagi pada abad ke-18 dan ke-19, dimana banyaknya tersebar para pedagang dari China dan Arab turut mewarnai dan memadatkan kota Semarang.

Adapun selain itu, terdapat sebuah pelabuhan juga yang terkenal di kota ini, tdak lain dan tidak bukan adalah Pelabuhan Semarang, yang turut menjadi sebuah pelabuhan terkenal dan terbesar di Indonesia saat itu, Beragam bangunan dan gedung-gedung yang berdiri megah sekali lagi pekat mewarnai cakram sejarah di kota lama ini, sekaligus mereka semua masih menjadi saksi bisu termasuk bukti dari kejayaan di seluruh seantero kawasan Kota Lama Semarang.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Resiko Yang Akan Terjadi Jika Kamu Telat Saat Mengganti Oli Mesin

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 10 Agustus 2021, Aries Kurangi Bergadang, Pisces Terlalu Memaksakan Kondisi Tubuh


Kalau Sobat mau berkunjung ke Kota Lama Semarang, perlu diketahui dulu beberapa hal utama, di antaranya bahwa: kawasan Kota Lama Semarang ini tepatnya adalah sebuah kawasan yang berlokasi di tepi sungai Mberok, yang mana secara administratif kawasan ini turut berada dalam lingkar wilayah Tanjung Emas, kota Semarang sendiri, dan pula kecamatan Semarang Utara. Nah, jadi kalau Sobat mau ke sana sangat tidak direkomendasikan sekali buat merasa khawatir yaa, hehe. Bahasa Admin, tolong maafkan.

Iya nih, pokoknya saking strategisnya lokasi alias rute menuju ke Kota Lama Semarang ini bisa dilalui dan dimbus dari sisi mana saja deh. Misalnya nih, untuk Sobat yang datang dari arah kota Demak pasti bisa melewati jalur terminal Terboyo hingga nembus ke Jalan Raden patah, Kota Lama. Adapun jarak tempuh yang dihabiskan kira-kira sekitar 60 menit lah untuk sampai ke sana.

Nah, kalau Sobat datangnya dari arah Ungaran, bisa pilih jalur yang menuju Banyumanik Peterongan, lalu pilih jalan MT Haryono, lurus terus saja, sampai kemudian tiba di Bundaran Bubakan. Barulah saat di Bundaran Bubakan ini bisa Sobat pilih Cenderawasih, Kota Lama Semarang, dengan jarak tempuhnya sektiar 50 menit.

Baca juga: Resep Makanan Semar Mendem Kue Tradisional Khas Solo Menggoyang Lidah

Baca juga: Mengambil Janin di Kandungan, Misteri Hantu Perempuan

Oh iya, untuk jam operasinya sendiri, area Kota Lama Semarang ini buka 24 jam ya, Sobat. Tapi tentu saja, sangat direkomendasikan untuk melakukan wisatanya di siang hari, karena apa? Karena pasti lebih cerah dan terangkan situasinya, ramai lagi, jadi banyak pilihan, dan ya, aman juga sih.

Selain itu juga nih, tahukah Sobat kalau objek wisata di dalam kawasannya ada apa saja? Yakk, yang umum sih seperti Museum 3D, lalu ada banyak tuh tempat penyewaan sepeda onthel cantik-cantik, duh lucu deh pastinya dan berkesan banget kalaubisa jalan ke sini dengan orang yang disayang (yang sefrekuensi gitu, hehehe).

Oh iya Sobat, terus ada cafe lho, plus galleri seni yang unik-unik!

Nah, lebih dari itu pula, ada juga nih beberapa pusat atau poros objek wisata dalam objek wisata di kawasan Kota Lama Semarang ini. Ya, ibaratnya kue cokelat dalam kue cokelat lah, hehe. Kok jadi laper yakk?

Eh, tapi betul nih. Sobat pokoknya bsa menemui objek lainnya yang gak kalah fantastis, seperti: Gereja Blenduk, Taman Srigunting, 3D Trick Art Museum, Semarang Contemporary Art Gallery, Pasar Klitikan Kota Lama, dan beberapa fasilitas keren nan menarik lainnya pokoknya! :) (Dyah)

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait