Resep Dodol Nanas Khas Subang yang Manis dan Segar

Kuliner —Selasa, 9 Nov 2021 15:57
    Bagikan  
Resep Dodol Nanas Khas Subang yang Manis dan Segar
image/ pinterest

DEPOSTJOGJA

Buah kuning dengan rasa manis yang sedikit asam menyegarkan adalah nanas, nanas sering dijadikan bahan untuk membuat makanan, dari isian kue hingga asinan.
Salah satu kota yang terkenal dengan hasil pertanianya adalah Subang, itulah yang membuat subang memiliki makanan khas tradisional yaitu Dodol Subang.

Subang yang terkenal dengan penghasil Nanas memiliki nanas dengan jenis nanas Simadu. Nanas ini rasanya manis, pulen dan tentunya menyegarkan, terlebih dimakan siang hari. 

Dodol Subang berbeda dengan dodol biasa lainya, dodol makanan asal garut yang memiliki tektur lengket dengan rasa yang manis. Dodol Subang memiliki rasa yang khas dengan manis dan asam menyegarkan.

Selain nikmat Dodol Subang juga menyehatkan karena di buat dengan bahan nanas yang mengandung banyak vitamin C, Menurut The World’s Healthiest Foods bahwa kandungan vitamin C pada 165 g nanas mencukupi hingga 105,1 % kebutuhan per hari.


Sedangkan kandungan mangan buah nanas mencapai 76,5 % kebutuhan setiap harinya.
Untuk membuat dodol khas Subang ini tidak lah sulit kamu juga bisa membuatnya sendiri dirumah.


Berikut ini cara membuat Dodol Nanas Khas Subang

• 500gr buah nanas masih segar
• 100 gram gula merah
• 50 gram gula pasir
• 50 gram tepung ketan
• Santan kelapa
• Vanili secukupnya

Baca juga: Wisata Broken Beach yang Menyajikan Sejuta Tempat Foto

Baca juga: Drama Korea Hellbound, Kemunculan Malaikat Maut yang Membuat Semua Orang Takut

Baca juga: Resep Cemilan Cireng Kuah Pedas Gurih dan Krispi

Cara Membuat Dodol Nanas

Dalam membuat dodol nanas diperlukan kesabaran dan ketelitian. Terlebih saat menentukan takaran bahan-bahannya. Berikut ini langkah-langkah membuat dodol nanas khas Subang:

 Kupas kulit nanas hingga bersih, Cuci getah yang ada di nanas , Haluskan nanas dengan cara diparut atau diblender dan Campurkan gula pasir, gula merah, tepung ketan, santan kelapa dan vanili dengan nanas yang sudah dihaluskan

Aduk semua bahan yang telah dicampurkan hingga merata. Didihkan bahan-bahan yang telah tercampur merata tersebut hingga membentuk adonan yang mengental, Tuangkan adonan dodol nanas yang telah mengental ke dalam cetakan atau loyang

Dinginkan dodol nanas yang telah dibuat dengan cara dibiarkan beberapa menit. Setelah dingin, irislah dodol nanas tersebut sesuai selera kemudian  Bungkuslah dengan kertas minyak atau plastik.

Baca juga: Resep Cemilan Cireng Kuah Pedas Gurih dan Krispi

Baca juga: Resep Cemilan Cookies Choco Chips ala Rumahan yang Mudah

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait