Sejarah Museum Ullen Sentalu Jogja

Wisata —Kamis, 6 Jan 2022 09:58
    Bagikan  
Sejarah Museum Ullen Sentalu Jogja
Sejarah Museum Ullen Sentalu Jogja - Pinterest

DEPOSTJOGJA-Museum Ullen Sentalu merupakan museum pribadi yang dulunya didirikan oleh keluarga Haryono pada tahun 1994 silam. Namun untuk saat ini, Museum ullen sentalu dikelola oleh Yayasan Ulating Blencong. Museum ini dibuka secara resmi pada tanggal 1 maret 1997 dan diresmikan oleh KGPAA paku Alam VIII yang merupakan Gubernur Yogyakarta saat itu.
Nama Ullen sendiri merupakan singkatan bahasa jawa dari Ulating Blencong Sejatine Lumaku. Sedangkan Blencong merupakan lampu khusus yang digunakan di teater boneka kulit jawa.

Museum Ullen sentalu terletak di daerah dingin dataran tinggi jogja. Dibangun di taman kaswargan yang lokasinya ada di kaki Gunung Merapi. Beberapa bagian dari museum ini adalah ruang bawah tanah, labirin, taman, dan galeri.
Lokasi Museum ini berada di Jl. Boyong No Km 25, Kaliurang, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta. Rute jalan untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi adalah mengarahkan kendaraan ke jalan Kaliurang. Saat tiba di Jalan Palagan Tentara pelajar, anda cukup ikuti jalan utama lalu belok kiri ketika di pertigaan Pulowatu. Di Pertigaan pasar pakem, belok kiri ke area Kaliurang Museum ullen sentalu.

Baca juga: Malioboro Menjadi Mall Pertama yang Dibangun di Yogyakarta

Baca juga: Candi Barong, Wisata di Prambanan dengan Kala Raksasa

Wisata ini buka pada hari Selasa hingga Jumat pada pukul 08.30 - 16.00 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka pada pukul 08.30 sampai 17.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya adalah Rp 35.000 untuk pengunjung domestik, dan Rp 55.000 untuk pengunjung mancanegara.
Fasilitas Museum Ullen sentalu
-Toilet
-Area parkir
-Mushola
-Restaurant
-Pemandu wisata

Daya Tarik Museum Ullen Sentalu
1. Udara Alam yang Sejuk
Dikarenakan letaknya yang berada di dataran tinggi ditambah dengan adanya pohon-pohon hijau yang rindang, membuat udara sekitar wisata ini menjadi sejuk.
2. Memiliki Arsitektur Bangunan yang Unik
Desain bangunan dari wisata ini memiliki kesan menyatu dengan alam. perancang desain bangunan wisata ini membuat desain bangunan dengan pepohonan yang menyatu alami seolah tak ada campur tangan manusia.
3. Memiliki Nilai Sejarah
Tema dari Museum Ullen Sentalu ini memamerkan arsitektur prasejarah Jogja dan Jawa. pengunjung dapat mengetahui hal-hal menarik tentang zaman Mataran dan sejarah lainnya.

Baca juga: Malioboro Menjadi Mall Pertama yang Dibangun di Yogyakarta

Baca juga: Candi Barong, Wisata di Prambanan dengan Kala Raksasa


Editor: Nadya
    Bagikan  

Berita Terkait