Malioboro Menjadi Mall Pertama yang Dibangun di Yogyakarta

Wisata —Kamis, 30 Dec 2021 14:15
    Bagikan  
Malioboro Menjadi Mall Pertama yang Dibangun di Yogyakarta
Malioboro Menjadi Mall Pertama yang Dibangun di Yogyakarta | Ist

DEPOSTJOGJA - Yogyakarta salah satu surga wisata di Indonesia yang memiliki daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Banyak sejarah dan ilmu pengetahuan yang dapat kita ambil. Selain itu Yogyakarta cocok sebagai tempat untuk membuat pikiran lebih fresh. Salah satu daerah atau jalan yang dapat dikunjungi yaitu Malioboro.

Malioboro merupakan salah satu tujuan utama untuk berwisata di Tanah Jawa. Saat ini Malioboro menjadi icon di Yogyakarta dengan letak yang cukup strategis. Provinsi DIY memang memiliki banyak cerita dan objek wisata yang tidak kalah menarik dengan Bali.

Bagi sebagian wisatwan yang berkunjung, jika tidak mampir ke Malioboro rasaya belum ke Jogja. Di Malioboro wisatawan dapat menikmati berbagai kuliner dan dapat membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Baca juga: Cara Membuat Siomay Bakso Tahu Ayam Kukus dengan Resep Rumahan

Pada awalnya Malioboro didirikan ketika bertepatan dengan pendirian kraton Yogyakarata. Malioboro merupakan bahasa sansekerta yang berarti bunga. Hal itu mungkin ada hubungannya dengan masa lalu ketika Kraton mengadakan acara besar maka Jalan Malioboro akan dipenuhi dengan bunga.

Jalan Malioboro sendiri sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Dan perlu kamu ketahui bahwa Malioboro mulai terkenal sejak era kolonial 1790 saat pemerintah Belanda membangun benteng Vredeburg pada tahun 1790.

Selain membangun benteng, Belanda juga membangun Dutch Club tahun 1822, The Dutch Governor’s Residence tahun 1830, Java Bank dan Kantor Pos. Ternyata jalan Malioboro juga memiliki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Yogyakarta Classical Javanese Dance as a Welcoming Guests of the Royal Palace

Dulunya di sekitar jalan Malioboro pernah terjadi pertempuran antara pejuang Indonesia dengan kolonial Belanda. Hingga pertempuran tersebut dikenal dengan sebutan peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 yakni keberhasilan pasukan merah putih menduduki Yogya selama enam jam dan membuktikan kepada dunia bahwa angkatan perang Indonesia tetap ada.

Disisi lain Maliboro menyediakan transportasi umum seperti andong dan ada beberapa batik hingga kuliner Jogja yang wajib kamu coba. Dan Malioboro termasuk dalam wisata berbelanja yang berada di Yogyakarta.(PUT)

Baca juga: Upacara Labuhan Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan Mataram

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait