Tebing Breksi Prambanan Yogyakarta, Sejarah Tambang Batu Yang di Jadikan Tempat Wisata

Wisata —Rabu, 26 Oct 2022 11:08
    Bagikan  
Tebing Breksi Prambanan Yogyakarta, Sejarah Tambang Batu Yang di Jadikan Tempat Wisata
foto: istimewa

DepostJogja,- Tebing Breksi belum genap dua tahun menjadi objek wisata, yang dibuka sejak Mei 2015 untuk para wisatawan. Lokasi wisata ini langsung menjadi objek wisata favorit banyak orang terutama bagi mereka anak-anak muda yang mulai mempublish tempat ini melalui media sosial mereka.
Sebelum jadi lokasi wisata, Tebing Breksi hanyalah tebing-tebing bebatuan. Tak ada keindahan yang menarik wisatawan. Hanya tampak alam liar yang dieksploitasi manusia dengan cara penambangan.

Baca juga: Mengenal Sejarah Batik, Warisan Budaya RI yang Mendunia

Awal mula Tebing Breksi menjadi destinasi wisata di daerah Jogja adalah ketika para peneliti geologis melakukan penelitian terhadap batuan yang berada di lokasi tersebut. Setelah penelitian selesai dilakukan, kemudian data tersebut menghasilkan bahwa babatuan yang ada di tebingi tersebut merupakan endapan dari abu vulkanik gunung api Purba Nglanggeran, maka dari itu kawasan Tebing Breksi termasuk kedalam cagar budaya alam yang harus dilindungi. Sehingga aktivitas yang awal mulanya berupa pertambangan batu kini dihentikan.
Para masyarakat yang awalnya bekerja sebagai penambang batu itu terpaksa dihentikan sehingga para masyarakat mengeluh harus mencari pekerjaan lain. Dengan berjalannya waktu beberapa orang wisatawan mengunjungi pertambangan untuk sekadar menikmati senja di puncak tebing. Sebagian besar mereka adalah remaja, karena pesona alam di puncak tebingnya mengobjekan panorama Gunung Merapi dan Merbabu dari kejauhan.

Baca juga: Sejarah, Belanda Membuat Wilayah Jawa Menjadi Terbelah Dengan Perjanjian Giyanti

Karena memang pemandangan yang bagus dengan tebing batuan kapur tinggi menjulang yang merupakan suatu hal baru yang belum pernah ada sebelumnya di Yogyakarta, pada saat itu belum terbentuk kepengurusan untuk mengakomodir wisatawan yang berkunjung, hingga akhirnya Tebing Breksi semakin ramai dikunjungi wisatawan dan terbentuklah suatu pengurus di kawasan tersebut.
Dari situlah, warga sekitar Sambirejo mulai berpikir bahwa kawasan tersebut layak dikelola sebagai tempat wisata. Satu per satu diperbaiki, ditata, hingga dibentuk kelompok pengelola wisata Tebing Breksi. Tebing pun "disulap" jadi karya seni yang indah. Memanfaatkan seniman lokal Yogyakarta, tebing pun dipahat membentuk karya seni berupa tokoh-tokoh pewayangan. Anak tangga dan lokasi pertunjukan seni dibangun. Semua dilakukan untuk memanjakan atau menjadi daya tarik wisatawan.


Tebing Breksi Berlokasi Di Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, Tebing Breksi Jogja juga dapat Anda kunjungi setiap hari Selasa – Minggu (khusus hari Senin tutup), mulai dari jam 06.00 – 20.00. Jangan Lupa Berkunjung (ririn)

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait