Simak! Tips Menghafal Al-Qur'an

Pendidikan —Senin, 15 Nov 2021 15:51
    Bagikan  
Simak! Tips Menghafal Al-Qur'an
image/ pinterest

DEPOSTJOGJA 

Banyak orang sangat sulit untuk menghafal Al-Qur’an, bahkan untuk beberapa orang yang membaca Al-Qur’an setiap hari. Bahasa yang berbeda dari bahasa yang kita gunakan sehari-hari juga menjadi salah satu kendala dalam menghafal Al-Qur’an. Namun ada beberapa cara menghafal Al-Qur’an yang bisa dipraktekan, berikut caranya :


1. Luruskan niat
Niatkan diri menghafal Al-Qur’an untuk beribadah kepada Allah SWT. Menghafal Al-Qur’an bukan hanya untuk sebuah test atau pun riya’ semata. Menghafal Al-Qur’an adalah amalan seumur hidup untuk menyelamatkan kita dari siksa dunia dan akhirat.


2. Sholat hajat dan berdo’a
Tidak hanya ketika kita meminta hal duniawi, tetapi menghafal Al-Qur’an juga harus meminta pertolongan kepada sang pencipta. Seperti yang dijelaska pada QS. Al-Baqarah ayat 45.

وَا سْتَعِيْنُوْا بِا لصَّبْرِ وَا لصَّلٰوةِ ۗ وَاِ نَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَ 
wasta'iinuu bish-shobri wash-sholaah, wa innahaa lakabiirotun illaa 'alal-khoosyi'iin

"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk," (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 45)

3. Menentukan target hafalan
Target hafalan juga sangat penting. Dengan adanya target hafalan, kita bisa lebih fokus untuk menghafal. Misalnya dengan target satu halaman per Hari, kita bisa fokus menghafal satu halam tersebut setiap harinya.

4. Ketika menghafal, usahakan bacaannya benar
Pastikan ketika menghafal tidak asal mengucapkan. Pelafalannya harus benar termasuk tajwidnya. Karena kata yang berbeda, beda pula artinya.

Baca juga: Resep Cemilan Srabi Solo Manis dan Gurih

Baca juga: Resep Makanan Khas Yogyakarta, Mie Nyemek

Baca juga: Cara Mengikhlaskan Kegagalan, Karena Kegagalan Menjadi Jalan Untuk Kesuksesan


5. Dibaca berulang dan kontinu per-ayat
Dibaca berulang dan kantinu ini maksudnya adalah dengan membaca satu ayat terus-menerus sampai hafal, lalu berlanjut ke ayat berikutnya. Contohnya kita menghafal surat Al-Bayyinah, kita baca ayat ke 1 berulang hingga hafal dan tidak perlu melihat Al-Qur’an, kemudian baca ayat ke 2 hingga hafal, jika sudah baca ulang digbungkan dari ayat ke 1 sampai ayat ke 2. Jika sudah lancar saat digabungkan, lanjut menghafal ayat berikutnya dengan pola yang sama, dihafal lalu digabung.

6. Minta orang lain untuk menyimak hafalan kita
Jika kita menghafal sendiri, belum tentu bacaan kita benar, maka dari itu kita harus meminta seseorang untuk mendengarkan hafalan kita, kita juga bisa diberi pendapat jika apa yang kita lafalkan ada kesalahan.

7. Rutin muroja’ah
Rutin muroja’ah setiap hari dapat membantu kita agar tidak mudah lupa dengan apa yang telah kita hafalkan. Muroja’ah sesuai dengan kemampuan kita yang harus diingat adalah lakukan itu setiap hari.

8. Sebisa mungkin jauhkan diri dari maksiat
Melakukan maksiat juga harus dihindari. Jika seorang pelafal melakukan maksiat berulangkali, ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, seorang pelafal tersebut akan lupa dengan apa yang sudah ia hafalkan. Kedua, pelafal itu akan sulit untuk menghafal seiap ayat yang ia baca.

Nah itu tadi beberapa tips untuk menghafal Al-Qur’an, semoga bermanfaat. selamat mencoba!/Reg. dilansir dari; postmalang


Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait