Surjan, Rekomendasi Oleh-Oleh Dari Yogyakarta

Wisata —Kamis, 1 Dec 2022 10:20
    Bagikan  
Surjan, Rekomendasi Oleh-Oleh Dari Yogyakarta
Pinterest

DepostJogja,- Surjan merupakan busana atas resmi adat Jawa untuk pria. Penggunaan surjan terbatas untuk wilayah Surakarta dan Yogyakarta. Bahan dasar surjan terutama adalah lurik, meskipun dapat pula bahan bermotif kembang-kembang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata "Surjan" berarti baju jas laki-laki khas Jawa berkerah tegak, berlengan panjang, terbuat dari bahan lurik atau cita berkembang.

Pakaian khas Jawa ini yang sering digunakan masyarakat Jogja saat waktu-waktu tertentu misalnya saat berlangsungnya upacara adat Jawa. Pakaian tradisional Jogja ini sangat menarik untuk dijadikan oleh-oleh karena motifnya yang unik.

Baca juga: Felo FW06 Motor Listrik yang di Desain Ala Trail Mini

Surjan sendiri memiliki dua motif yaitu surjan lurik yang bermotif garis-garis dan surjan ontrokusuma yang memiliki motif bunga. Biasanya surjan lurik digunakan oleh rakyat biasa karena berbahan kasar dengan warna cenderung gelap seperti coklat, kuning, dan abu-abu. Sedangkan surjan ontrokusuma biasa digunakan kaum bangsawan dan terbuat dari kain sutra dengan hiasan bunga beraneka warna.

Jika Anda ingin membeli surjan bisa datang langsung ke Pasar Beringharjo atau pedagang kaki lima di pinggir jalan Malioboro. Disana surjan biasa dijual dengan harga sekitar Rp45.000,00 hingga ratusan ribu tergantung motif dan kelengkapannya seperti blangkon.(rin)

Baca juga: Cemilan Khas Korea Sweet Potato Mochi Bread

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait