Objek Wisata Cahaya Surga Yogyakarta, Gua Jomblang

Wisata —Jumat, 2 Dec 2022 10:48
    Bagikan  
Objek Wisata Cahaya Surga Yogyakarta, Gua Jomblang
Pinterest

DepostJogja,- Kamu bingung memilih objek wisata saat berkunjung ke kota istimewa, Yogyakarta? Wisata ini cocok untuk para pencinta alam, dan menyukai wisata yang menantang bersama teman-teman atau keluarga. Meskipun terlihat ekstrem banyak wisatawan yang berkunjung dan menikmati indahnya pencahayaan alam yang menyinari bawah tanah gua.

Jangan khawatir buat kamu dan keluarga yang pertamakali mengunjungi wisata ekstrem, karena akan ada arahan dari pelatih saat turun dari gua yang benar dan aman dan tak hanya itu, kamu akan di temani oleh pemadu yang pastinya sudah menguasi lokasi tersebut.

Menurut sumber id.wikipedia.org, Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline. Gua ini terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Itulah yang membuat unik karena di dalam gua terdapat luas mulut gua sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang. Gua Jomblang terletak di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Baca juga: Gerabah Kosongan, Oleh-Oleh Dari Kota Istimewa Yogyakarta

Saat ini Gua Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus yang mana dikelola oleh penduduk atau warga setempat. Untuk menuruni gua vertikal ini pihak pengelola sudah menyediakan perlengkapan lengkap sesuai standar keselamatan caving di gua vertikal.

Sinar matahari yang menerobos masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 meter membentuk satu tiang cahaya, menyinari flowstone yang indah serta kedalaman gua yang gelap gulita. Air yang menetes dari ketinggian turut mempercantik pemandangan. Tidak salah jika banyak orang terkagum-kagum datang ke sini ketika menyaksikan lukisan alam yang dikenal dengan istilah "cahaya surga".

Lokasi Jl. Jomblang, Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta Tiket wisata susur gua ini juga lumayan "menantang". Dengan harga Rp450 ribu sekali masuk, tapi pastinya kamu gak bakal kecewa. Selamat menikmati masa liburan.(rin)

Baca juga: Surjan, Rekomendasi Oleh-Oleh Dari Yogyakarta

Editor: Ririn
    Bagikan  

Berita Terkait