Menceritakan Sejarah Tentang Tugu jogja atau Tugu Pal Putih (Jogja)

Wisata —Sabtu, 8 Jan 2022 13:33
    Bagikan  
Menceritakan Sejarah Tentang Tugu jogja atau Tugu Pal Putih (Jogja)
Tugu Jogja - Pinterest

DEPOSTJOGJA-tugu jogja atau bisa di sebut dengan tugu pal putih merupakan tugu paling terkenal di yogyakarta, tugu ini mempunyai keunikan bukan hanya keunikan saja tugu ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman dan Margo Utomo dan tugu ini juga memiliki nilai sejarah yang penting bagi warga masyarakat disana.

tugu jogja ini juga menjadi salah tujuan tempat wisata bagi parawisatwan baik lokal maupun mancanegara, berkunjung ke yogyakarta memang belum lengkap jika belum melihat langsung wujud tugu yang bersejarah ini.

tugu jogja atau tugu pal putih menjadi saksi bisu telah berkembangnya kota gudeg sejak tiga abad lalu, Tugu yang diprakarsai oleh Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) I ini, dibangun pada 1755, setelah pembangunan Keraton Yogyakarta rampung. Letak Tugu Jogja sendiri memiliki nilai simbolis karena berada dalam satu garis lurus yang menghubungkan antara Laut Selatan, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi.

Awalnya, tugu tersebut berbentuk tiang silinder yang mengerucut ke atas. Sementara bagian dasarnya berupa pagar yang melingkar dengan bagian puncaknya berbentuk bulat. Ketinggian bangunan tugu golong gilig ini pada awalnya juga mencapai 25 meter.

Baca juga: Keindahan Alam Wisata Air Terjun Gunungkidul Pantai Jogan (Jogja)

Baca juga: Wisata Kampung Korea (Little Seoul) Bandung, Jawa Barat

yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233, dan jam buka 24 jam.

Fakta fakta keunikan tugu jogja diantaranya:
1.Bentuk asli golong giling
Pembangunan Tugu Golong Gilig sendiri diprakarsai oleh Sultan Hamengkubuwono pada tahun 1755. Pada hakikatnya, Tugu Golong Gilig berisi pesan HB I kepada seluruh keturunan raja, pelayan raja, dan rakyat biasa untuk senantiasa memelihara semangat kebersamaan yang pejal dan membulatkan tekat untuk menegakkan martabat.
2.Tinggi tugu menyusut
Fakta menarik tugu Jogja selanjutnya, yaitu tingginya menyusut 10 meter. Sebelumnya, Tugu Jogja setinggi 25 meter, kemudian menyusut menjadi 15 meter. Menyusutnya ketinggian tugu ini terjadi sejak Golong Gilig direnovasi.
3.Pernah runtuh
Runtuhnya Tugu Golong Gilig ini terjadi akibat gempa hebat yang melanda Yogyakarta. Saat itu, pemerintah Belanda yang menduduki Yogya berhasil memperbaikinya di bawah pengawasan Pepatih Dalem Kanjeng Raden Adipati Danurejo V.
4.Simbol bintang enam sudut
Lambang yang disebut-sebut mirip dengan Bintang David ini menyerupai tanduk Unicorn, seekor kuda putih bertanduk dengan bentuk spiral yang meruncing di bagian ujungnya.

Baca juga: Keindahan Alam Wisata Air Terjun Gunungkidul Pantai Jogan (Jogja)

Baca juga: Wisata Kampung Korea (Little Seoul) Bandung, Jawa Barat


Editor: Nadya
    Bagikan  

Berita Terkait