Kamu Pasti Bisa! Tips Mempertahankan Semangat

Pendidikan —Kamis, 18 Nov 2021 14:00
    Bagikan  
Kamu Pasti Bisa! Tips Mempertahankan Semangat
image/ pinterest

DEPOSTJOGJA 

Pada masa pandemi sekarang ini, banyak kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan secara daring. Ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan kegiatan belajar mengajar secara langsung, namun tetap dilakukan pembatasan. Karena kondisi yang seperti ini, banyak orang yang kehilangan semangat untuk belajar. Jam belajar yang tidak menentu juga membuat semangat belajar semakin berkurang.

Untuk mempertahankan semangat belajar harus dimulai dari diri sendiri. Harus adanya keinginan untuk meningkatkan semangat belajar. Ini dia beberapa tips agar Anda bisa tetap mempertahankan semangat belajar.

  1. Niatkan dari diri sendiri

Segala sesuatu pasti berawal dari niat. Jika kita niat untuk mengerjakan sesuatu, kita pasti mempunyai cara untuk mendpatkannya. Kita juga bisa berusaha lebih keras agar apa yang kita inginkan bisa tercapai. Jika kita tidak bisa memulainya dari diri sendiri, kita tidak akan bisa berubah menjadi lebih baik dan belajar dengan baik.

  1. Berdo’a

Hasil dari semua yang telah kita usahakan, tidak lepas dari bantuan Allah SWT. Jika kita berusaha tanpa berdo’a sama saja kita seperti orang yang sombong, padahal semua yang kita dapat adalah pertolongan dari Allah SWT. Maka dari itu jangan lupa untuk berusaha dan selalu berdo’a.

  1. Tentukan tujuan belajar

Kita harus menentukan tujuan belajar kita agar bisa fokus kepada tujuan. Misal, kita ingin paham materi geometri, kita akan fokus kepada tujuan kita sampai paham dengan materi geometri. Maka dari itu tujuan belajar sangat penting.

Baca juga: Drama Korea My Name, Menyelidiki Kasus Pembunuhan Untuk Membalaskan Dendam

Baca juga: Kenapa Masih Iri? Porsi Bahagia Orang Berbeda-beda

Baca juga: 10 Reasons To Fall In Love With Jogja

  1. Buat target

Target tidak kalah penting! Apa sih yang ingin dicapai dari belajar. Misal jika kita akan lulus SMA/SMK, target kita selanjutnya ingin masuk ke perguruan tinggi, maka buatlah target untuk masuk perguruan tinggi yang dicita-citakan.

  1. Menentukan metode belajar

Ada banyak sekali metode belajar yang bisa digunakan. Misalnya metode diskusi, kamu belajar berdiskusi bersama beberapa teman, saling bertanya dan menjawab secara bergantian. Jika kamu merasa tidak cocok dengan metode diskusi, maka kamu coba metode lainnya sampai menemukan metode yang cocok. Membutuhkan waktu cukup lama untuk menemukan metode yang cocok, namun jika sudah menemukan metode yang cocok maka kamu akan lebih mudah dalam belajar kedepannya.


  1. Motivasi diri sendiri

Kita tidak bisa selalu bergantung kepada orang lain, termasuk masalah motivasi. Jika kamu menggantungkan sebuah motivasi kepada seseorang, maka motivasi itu juga akan dengan mudah luntur karena orang tersebut. Oleh karena itu, kita harus bisa memotivasi diri kita sendiri untuk selalu semangat dalam belajar.

  1. Hindari distraksi

Coba rasakan apa yang menjadi penghambat dalam belajar. Apakah sebuah kebisingan? Atau barang elektronik seperti handphone? Tidak dipungkiri bahwa pada saat ini sangat mudah menemukan materi pembelajaran bahkan jika kita hanya memegang handphone saja. Namun banyak juga yang merasa bahwa handphone ini adalah sebuah distraksi belajar karena berbagai macam hal di dalamnya, seperti permainan atau pun sebuah pesan singkat yang membuat kita lupa bahwa kita sedang belajar. Maka coba untuk menghindari distraksi sekecil apapun.

Baca juga: Resep Makanan Cara Membuat Croffle Renyah

Baca juga: Kisah Legenda Negeri Gajah Putih yang Tersimpan Rapi

Baca juga: Wisata Taman Poci Tegal, Spot Foto yang Unik

  1. Cari tempat yang nyaman

Tempat yang nyaman akan membuat kamu betah belajar dan menjadi semangat untuk belajar. Misalnya jika kamu akan terdistraksi dengan suara bising, maka cari tempat yang sepi atau sunyi untuk membuat kamu nyaman belajar. Atau jika kamu suka belajar di kamar saja, maka buatlah kamar kamu nyaman untuk belajar.

  1. Reward

Kita harus bisa menghargai diri sendiri dan berterimakasih kepada diri sendiri karena telah berjuang untuk selalu belajar. Maka dari itu jangan lupakan untuk selalu memberi reward setelah kita bekerja keras. Tidak perlu sesuatu yang mewah dan mahal, cukup sesuatu yang membuat senang. Misalnya kamus sudah belajar dengan giat, kamu sangat menyukai sushi, maka coba beri diri kamu reward dengan cara membeli sushi yang kamu mau. Kamu akan merasa bahwa kerja keras kamu selama ini juga dihargai oleh dirimu sendiri.

  1. Konsisten

Sesuatu yang cukup sulit adalah konsisten. Tapi coba untuk belajar konsisten juga perlu. Jika kamu melakukan ini secara konsisten, kedepannya kamu akan dengan sangat mudah menerapkan pola belajar agar semangat belajar kamu tidak luntur.

 

Itu dia tadi beberapa tips untuk mempertahankan semangat belajar. Semoga bermanfaat ya. Selamat belajar!/Reg.

Baca juga: Cara Mengikhlaskan Kegagalan, Karena Kegagalan Menjadi Jalan Untuk Kesuksesan

Baca juga: Kata Baper Membuat Hilang Kata Maaf Pada Kaum Milenial

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait